Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Sabtu, 02 April 2022 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Kamu terlalu sibuk dengan pemikiranmu sehingga sering melupakan kebutuhan fisik yang membantumu beristirahat dengan baik saat malam hari. Menghabiskan waktu di luar ruangan dan di bawah sinar matahari setiap hari dapat membantu tubuhmu lebih rileks di malam hari. Pastikan untuk mengurangi penggunaan gawai sebelum tidur agar tidak mengganggu kadar melatoninmu.

5. ENFJ

Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Foto: Pixabay

Kamu tidak bisa tidur karena temanmu bertengkar dan tidak mau berbicara satu sama lain. Kamu pun mencoba untuk menengahi mereka. Kamu mulai menulis pesan panjang untuk masing-masing dari mereka dan mencoba menjelaskan mengapa mereka harus berbaikan.

Namun akhirnya kamu tertidur dan terbangun dengan menemukan bahwa kamu secara tidak sengaja mengirim pesan kepada mereka berdua.

ENFJ biasanya terlalu sibuk mengurus orang lain hingga melupakan diri sendiri. Coba luangkanlah waktu 30 menit sebelum tidur untuk melakukan aktivitas yang memanjakan jiwa. Bermeditasi, berendam air hangat di bak mandi, membaca buku, minum secangkir teh panas, atau tuliskan sepuluh hal yang telah kamu lakukan dengan baik hari itu.

Bawa pikiranmu ke tempat yang tenang dan lupakanlah masalah orang lain sejenak.

6. ENTJ

Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Foto: Pixabay

Kamu terlambat tidur karena kamu memikirkan banyaknya masalah di Bumi ini. Kamu ingin membuat tim untuk membantumu menyelamatkan dunia.

Namun kamu kemudian menyadari mungkin tim impianmu akan penuh dengan orang-orang yang memiliki pandangan dunia yang berbeda. Akhirnya saat matahari mulai terbit, kamu baru mulai bisa tidur.

Kamu sangat peduli pada produktivitas dan pencapaian dan menjalani hidup dengan banyak arah dan energi. Tapi terkadang itu bisa membuatmu menjadi sulit untuk beristirahat dan bersantai saat malam hari. Berlatihlah melepaskan ketegangan dari tubuhmu saat malam hari.

Berbaringlah di permukaan yang rata dan biarkan tubuhmu rileks. Ambil napas dalam-dalam. Kemudian remas dan rilekskan berbagai bagian tubuh, mulai dari jari kaki hingga dahi.

7. INFJ

Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Foto: Pixabay

Teman-temanmu terus menghubungimu untuk menceritakan masalah mereka kepadamu. Sebagai pendengar dan teman yang baik, kamu merasa berkewajiban tetap bangun dan mendengarkan masalah mereka, meskipun kamu pun memiliki masalah sendiri yang harus ditangani.

Kamu tetap terjaga untuk mencari tahu perasaanmu dan berbagai hal yang tepat untuk menangani masalah pribadi orang lain. Tepat ketika pencerahan semakin dekat dan kamu pun tertidur, kamu justru memiliki mimpi buruk.

Terkadang ketika sudah mematikan lampu dan semua tuntutan pada hari itu selesai, pikiranmu justru menjadi lebih hidup dengan ide dan wawasan. Hal ini dapat membuatmu tetap terjaga karena kamu merasa tidak akan mendapatkan cukup waktu untuk memproses semua ide itu pada keesokan harinya.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah memberi dirimu waktu 30 menit sebelum tidur untuk mematikan TV, mematikan ponsel, dan menyendiri untuk berpikir. Siapkan buku catatan agar ketika tiba waktunya untuk tidur dan kamu merasa seperti mendapatkan beberapa ide, kamu bisa langsung menulisnya hingga kamu bisa bersantai

Baca Juga: 5 Istilah Kekerasan Emosional dalam Percintaan, Termasuk Ghosting
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2928 seconds (0.1#10.140)