Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Sabtu, 02 April 2022 - 18:30 WIB
loading...
Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya
Masalah tidur tiap orang berbeda-beda, dan ini bisa dilihat dari tes kepribadian MBTI mereka. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Apakah kamu termasuk orang yang kesulitan tidur saat malam hari karena terlalu banyak yang dipikirkan atau dilakukan? Jika iya, bisa jadi ini masih terkait dengan hasil tes kepribadian MBTI-mu.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah psikotes yang dikembangkan oleh Katherine Briggs dan didasarkan pada teori tipologi Carl Jung. Psikotes MBTI dirancang untuk mengukur preferensi dasar murni psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan.

Namun perlu digarisbawahi, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menegaskan bahwa tes MBTI terbukti akurat untuk menebak kepribadian masing-masing orang. Meski begitu, kamu tetap bisa mempertimbangkan masalah tidurmu berikut ini, termasuk solusinya, mengutip Psychology Junkie.

1. ENFP

Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Foto: Pixabay

Kamu mungkin terlambat tidur karena asyik memikirkan betapa menakjubkannya hidupmu jika bisa menjual harga benda dan berkeliling dunia. Kamu mulai membuat daftar barang apa saja yang bisa dijual untuk mendukung gaya hidup nomadenmu. Mungkin kamu akan sangat bahagia karena pekerjaan sehari-harimu seru.

Nah, supaya kamu bisa tidur cepat, ciptakanlah lingkungan yang tenang 30 menit sebelum tidur. Matikan gawaimu atau letakkan di ruangan lain. Setelahnya lakukan sesuatu untuk memanjakan diri. Kamu bisa mandi air panas, membaca buku puisi, atau menyalakan lilin aromaterapi.

2. ENTP

Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Foto: Pixabay

Kamu sering tidak bisa tidur karena tidak bisa berhenti memikirkan teori konspirasi, meskipun kamu tahu kemungkinan besar teorinya tidak akurat. Kamu terus mencari bukti untuk mendukung teori tersebut. Bahkan ketika mencoba untuk tidur, kamu terus terbangun karena mengingat kembali setiap kemungkinan teori yang bersangkutan dan beradu argumen dengan diri sendiri.

Seseorang dengan kepribadian ENTP memang begitu penuh dengan ide hingga lupa waktu. Untuk itu, buatlah pengingat waktu tidur di ponselmu. Luangkan waktu sejenak untuk mencatat setiap ide yang ingin kamu ingat untuk hari berikutnya, lalu fokuslah untuk bersantai dan melepas lelah sebelum tidur

3. INFP

Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Foto: Pixabay

Setiap ingin tidur, kamu selalu khawatir bahwa kamu tidak akan pernah menemukan pasangan atau teman berbagi cerita. Kamu pun takut akan mati sendirian.

Namun semua mantan pasanganmu membuatmu berpikir bahwa tak ada cinta sejati dan membuatmu tidak percaya kebahagiaan sejati. Lalu kamu pun menonton film favoritmu untuk bisa percaya kepada hal-hal baik lagi.

Tidur nyenyak berarti masuk ke kondisi pikiran positif sebelum tidur. Keluarlah dari media sosial, matikan berita, dan lakukan sesuatu yang menempatkan pikiranmu di tempat yang positif. Fokus pada relaksasi pernapasan dalam dan getaran yang baik. Kamu juga bisa membaca satu bab buku atau menyalakan lilin yang wanginya kamu sukai.

4. INTP

Ini yang Bikin Kamu Susah Tidur Berdasarkan MBTI dan Solusinya

Foto: Pixabay

Kamu memiliki banyak pekerjaan yang belum selasai dan tenggatnya adalah esok hari. Kamu mencoba untuk menyelesaikannya, tapi malah teralihkan dengan ide-ide baru yang terkait.

Bahkan tiba-tiba kamu berpikir untuk mengerjakan proyek atau usaha baru. Ide baru itu jauh lebih baik dari ide asli, sehingga kamu tidak bisa tidak mengerjakannya sampai pukul 5 pagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)