Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’

Kamis, 01 April 2021 - 18:31 WIB
loading...
A A A
3. TAKUT UNTUK MEMBUAT KESAL ORANG LAIN

Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’

Foto: Shutterstock

Saat melihat seseorang dengan outfit yang tidak sesuai, penderita NGS cenderung untuk mengatakan, “Itu keren!” alih-alih menegur karena takut untuk menyakiti perasaannya.

Mereka akan selalu berhati-hati dan merasa kalau mereka bertanggung jawab atas perasaan orang lain. Padahal berkata jujur terhadap orang lain justru akan lebih baik.

Yang harus dilakukan adalah mulai berani berpendapat dengan sopan. Mungkin beberapa orang akan terkejut, tapi kalau dikatakan dengan baik, mereka justru akan menghargai dan mengapresiasinya.

4. TAKUT UNTUK MEMUTUSKAN SESUATU

Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’

Foto: Pixabay

Berkaitan dengan hubungan, penderita NGS akan sulit keluar dari hubungan beracun (toxic relationship). Mereka malah akan terus-terusan memuaskan ekspektasi dari pasangan beracunagar ia tidak meninggalkannya.

Padahal di depannya terdapat orang lain yang lebih baik dan siap untuk menerima mereka. Namun, karena perasaan tidak enak dan takut untuk menyakiti perasaan pasangan beracun, penderita NGS akan merasa takut.

Solusinya adalah mulailah terbuka kepada orang lain dan diri sendiri. Mengungkapkan keresahan dan meminta nasihat tidak akan membuat diri tampak lemah. Pikirkanlah baik-baik bahwa kalau orang itu mencintaimu, maka ia tidak akan berusaha untuk membuatmu tertekan.

5. SELALU MENDAHULUKAN ORANG LAIN

Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’

Foto: Pixabay

Penderita NGS sulit untuk membedakan kebutuhan orang lain dengan kebutuhan untuk dirinya sendiri. Mereka akan selalu melakukan banyak hal untuk orang lain, sedangkan dirinya terabaikan.

Misalnya adalah saat mereka mengingat ulang tahun setiap orang di kantor dan selalu memberikan hadiah. Padahal saat itu kondisi ekonominya sedang tidak baik dan mereka seharusnya punya prioritas lain yang lebih penting.

Apa yang harus dilakukan? Pikirkanlah orang lain secukupnya dan tahu skala prioritas. Selalu ingat bahwa memenuhi kebutuhan diri sendiri itu sebaiknya didahulukan daripada orang lain.

6. SELALU TERSENYUM DALAM KEADAAN APA PUN

Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’

Foto: Every Pixel

Tersenyum mungkin akan membuat dunia lebih indah. Namun, penderita NGS akan terus-terusan tersenyum setiap saat. Bahkan saat perasaannya sedang tidak baik-baik saja.

Mereka akan menggunakan topeng dan cenderung tidak dapat mengekspresikan perasaan sebenarnya. Selain membohongi orang lain, mereka juga berbohong kepada diri sendiri.

Mulailah untuk berkaca dan melihat senyum yang diberikan kepada orang lain. Cobalah untuk memvalidasi perasaanmu saat sedang tidak baik-baik saja. Tidak perlu untuk terus tersenyum karena it’s okay not to be okay!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2713 seconds (0.1#10.140)