Tipe Kepribadian MBTI yang Berpotensi Paling Bikin Patah Hati

Sabtu, 27 April 2024 - 16:18 WIB
loading...
Tipe Kepribadian MBTI yang Berpotensi Paling Bikin Patah Hati
Jenis kepribadian MBTI bisa diurut dari yang dianggap paling bisa bikin patah hati hingga yang jarang membuat sakit hati. Foto/Adobe Stock
A A A
JAKARTA - Tipe kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) ada 16 jenis, dan bisa diurutkan berdasarkan peluangnya membuat patah hati , dari yang terbesar hingga terkecil.

Setiap orang punya keunikan dalam kepribadian mereka sesuai dengan tipe MBTI. Meskipun setiap tipe kepribadian punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing, ada beberapa tipe yang dianggap punya kecenderungan lebih besar untuk menyebabkan patah hati.

Berikut ini urutan tipe kepribadian MBTI yang dianggap paling berpeluang bikin patah hati, dari yang paling besar hingga paling kecil kemungkinannya.


1. ESTP (Ekstraverted, Sensing, Thinking, Perceiving)


ESTP dikenal karena kepribadian yang energik, berani, dan cenderung mengambil risiko. Mereka bisa terlihat kurang peduli atau kurang memperhitungkan perasaan orang lain, terutama kalau menghalangi tujuan atau kesenangannya.

2. ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)


Tipe ini cenderung blak-blakan saat menyampaikan pandangannya, terutama saat prinsip logikanya terancam. Seorang ISTP punya emosi yang berbeda dan sering kali tidak terduga, jadi kamu mungkin akan terkejut kalau tiba-tiba mereka mengungkapkan keinginan untuk mengakhiri suatu hubungan.

3. ENFP (Ekstraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)


Meskipun punya kehangatan dan semangat yang menarik, ENFP cenderung mudah terbawa emosi dan bisa tidak konsisten dalam hubungan, yang bisa menyebabkan kamu sakit hati.

4. ESFP (Ekstraverted, Sensing, Feeling, Perceiving)


ESFP cenderung hidup di dunia sensasi dan kesenangan. Mereka terlalu fokus pada kesenangan pribadinya dan mengabaikan perasaan orang lain di sekitar mereka.

5. INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)


Tipe ini cerdas dalam banyak hal, tetapi ketika menyangkut emosi, mereka kesulitan, dan terkadang kurang peka terhadap perasaan orang lain. Ini bisa menyebabkan orang lain salah paham dan sakit hati.

Tipe Kepribadian MBTI yang Berpotensi Paling Bikin Patah Hati

Foto: Shutterstock

6. INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)


INTJ punya visi yang kuat dan terfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang. Mereka mungkin terlalu fokus pada strategi dan tujuannya sehingga mengabaikan perasaan orang lain di sekitar mereka.

7. ENTJ (Ekstraverted, Intuitive, Thinking, Judging)


Kebenaran sering kali menyakitkan, tetapi ENTJ tetap akan terus terang perihal sesuatu. Mereka bisa bersikap keras dalam memutuskan sesuatu, Kemungkinan besar merekalah yang menentukan mengakhiri hubungan.

8. ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving)


ISFP mempunyai bakat untuk mengetahui perasaan orang lain, tapi hubungan terpenting dalam hidupnya adalah dengan kebebasannya. Fokus pada diri sendiri tanpa memperhatikan perasaan orang lain.

9. INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)


INFJ punya empati yang kuat dan cenderung memperhatikan perasaan orang lain. Namun, kadang-kadang mereka bisa terlalu idealis atau terlalu keras pada diri mereka sendiri, menyebabkan konflik internal di dalam hubungan.

10. ENTP (Ekstraverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)


ENTP sangat pintar dan penuh ide, tetapi mereka juga bisa menjadi tajam dan argumentatif dalam diskusi. Ini bisa membuatmu merasa terintimidasi atau merasa tidak dihargai berada di dekatnya.

Tipe Kepribadian MBTI yang Berpotensi Paling Bikin Patah Hati

Foto: iStockphoto

11. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)


INFP sangat idealis dan memperhatikan nilai dirinya sendiri. Namun, mereka terlalu sensitif dan mudah merasa terluka oleh kritikan atau ketidaksetujuan.

12. ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)


Kata "bisa diandalkan” menggambarkan ISTJ secara langsung. Tipe ini bukanlah tipe yang paling emosional dan ini sangat dibutuhkan dalam sebuah hubungan.

13. ESTJ (Ekstraverted, Sensing, Thinking, Judging)


Tipe ini sangat menganggap serius sebuah hubungan. Mereka mampu membicarakan potensi masalah sebelum menjadi besar. Namun, tipe ini kurang punya kedalaman emosional.

14. ENFJ (Ekstraverted, Intuitive, Feeling, Judging)


ENFJ merupakan tipe yang bisa mengubah kehidupanmu. Tipe ini tidak terlalu menyebabkan patah hati karena mereka sangat setia. Namun kalau putus, hatimu akan terluka untuk waktu yang lama.

15. ESFJ (Ekstraverted, Sensing, Feeling, Judging)


Penuh perhatian dan penyayang, seorang ESFJ punya nilai yang kuat dan pedoman moral membimbing pasangannya dalam menjalani kehidupan dan hubungan. Tipe ini punya pemahaman terhadap orang lain dan orang spesial dalam hidupnya adalah yang utama.



16. ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)


ISFJ adalah pelindung yang setia dan peduli. Mereka akan menghancurkan hatinya sendiri saat menghancurkan hatimu. Jadi mereka ingin menghindari hal-hal tersebut.

Perlu ditekankan, bahwa tipe kepribadian MBTI bukanlah tipe yang diakui secara resmi dalam ilmu psikologi. Jadi, daftar urutan ini hanyalah dugaan yang tidak perlu terlalu kamu pikirkan alias bikin overthinking. Yang penting, jalani saja hubunganmu dengan sebaik mungkin!

Muhammad Faizal
Kontributor GenSINDO
Universitas Islam Indonesia
Instagram: @aizal_mf
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)