Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’

Kamis, 01 April 2021 - 18:31 WIB
loading...
Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’
Sindrom gadis baik dialami kaum perempuan karena tuntutan masyarakat bahwa perempuan harus punya perilaku baik pada semua orang. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Menjadi orang baik adalah hal yang penting dan diperlukan, tapi sampai batas mana seseorang harus berbuat baik? Apakah dengan selalu memenuhi ekspektasi orang akan citra ‘baik’ kita?

Dalam urusan berusaha keras untuk terlihat baik, perempuan merupakan orang yang rentan menjadi korban tuntutan dan ekspektasi masyarakat sehingga mereka akan selalu menjaga tingkah laku mereka dengan baik. Masyarakat masih menganggap bahwa perempuan ideal adalah sosok yang tanpa cela.

Melansir dari Forbes , Dr. Lois Frankl dalam penelitiannya bersama 450 perempuan bertanya mengenai nasihat yang didapatkan oleh mereka saat masih anak-anak.

Mereka pun rata-rata menjawab untuk selalu bersikap baik dan harus selalu tampil menarik karena mereka tidak bisa secerdas anak laki-laki.

Nyatanya, sebagai manusia, melakukan kesalahan adalah hal lumrah. Namun, nasihat mengenai sifat positif yang harus selalu kita tunjukkan kepada orang lain ternyata bisa membuat kita tertekan.

Stigma yang dibuat sejak kecil bisa membentuk kepribadian kita. Apabila diterapkan sesuai porsi tentu akan ada umpan balik yang baik untuk diri kita. Nah, bagaimana kalau sebaliknya?

The Nice Girl Syndrome (NGS) menurut Beverly Engel dalam bukunya "The Nice Girl Syndrome" adalah ketika seseorang lebih peduli pada perkataan orang lain terhadap dirinya daripada pikirannya sendiri. Penderita NGS biasanya cenderung lebih pasif dan penurut.

Meskipun orang lain terlihat senang terhadap sikap baik tersebut, ternyata terus-terusan bersikap demikian juga melelahkan. Penderita NGS akan merasa tertekan karena terus membohongi dirinya sendiri.

Seorang penulis bernama Racula Popescu pun membagikan pengalamannya saat ia mengalami gejala The Nice Girl Syndrome. Ia juga menjelaskan gejala-gejala yang dialami beserta saran untuk mengatasinya. Berikut adalah tujuh gejalanya.

1. SELALU MUNCUL PERASAAN “SAYA TIDAK CUKUP BAIK”

Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’

Foto: Shutterstock

Penderita NGS akan selalu merasa dirinya tidak cukup baik untuk memenuhi ekspektasi orang. Mereka akan selalu menyalahkan dirinya sendiri apabila orang lain tidak memberikan umpan balik terhadap dirinya. Mereka akan selalu melakukan banyak hal untuk dicintai.

Pada kenyataannya, untuk membuat diri dicintai oleh semua orang adalah mustahil. Bahkan sebaik-baiknya orang di dunia, pasti akan selalu ada yang membenci.

Racula menyarankan untuk mulai menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya. Mulailah untuk berani berkata, “Saya mencintai dan menerima diri saya sekarang” saat pikiran negatif mengenai diri ‘tidak cukup baik’ muncul.

2. SULIT UNTUK BERKATA “TIDAK”

Terlalu Baik? Ini 7 Gejala Kamu Terkena ‘The Nice Girl Syndrome’

Foto: Deposit Photos

Penderita NGS tidak akan mudah untuk menolak, padahal hal itu akan memberatkan dirinya. Untuk dipandang baik, mereka akan cenderung mengorbankan dirinya sehingga sulit untuk berkata “tidak”.

Misalnya adalah saat seseorang meminta pertolongan untuk mengerjakan tugasnya karena ia punya keperluan mendesak, padahal saat penderita NGS sedang sibuk dengan urusan yang sudah mendekati tenggat waktu (deadline).

Setelah melakukan pekerjaan orang lain, mereka akan merasa senang karena ia akan dipuji. Selain itu, mereka akan dianggap baik karena telah menolong.

Mulailah untuk menerapkan skala prioritas. Jangan pernah takut untuk berkata “tidak” terhadap hal-hal yang memberatkan diri. Pikirkanlah secara matang dan jangan terburu-buru saat mengambil keputusan.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Terakhir yang Dikirim si Tukang Ghosting
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)