Cita Citata 'Goyang Dumang' Ubah Image, Rilis Album Genre Folktronica

Rabu, 01 Mei 2024 - 09:58 WIB
loading...
Cita Citata Goyang Dumang Ubah Image, Rilis Album Genre Folktronica
Cita Citata mengubah namanya kembali menjadi Cita Rahayu dan merilis mini-album bergenre folktronica. Foto/45 Movement Records
A A A
JAKARTA - Cita Citata mengubah citranya (rebranding) dari penyanyi dangdut menjadi penyanyi lagu folktronica.

Bersamaan dengan itu, ia juga mengubah namanya kembali ke nama aslinya, yaitu Cita Rahayu.

Pada 24 April lalu, penyanyi berusia 29 tahun itu merilis mini-album bertajuk Titik Tiga. Dari profilnya di Spotify, disebutkan bahwa album ini adalah album trilogi.



Hanya ada tiga lagu dalam album mini ini, yaitu Sang Penghancur, Mantra-Mantri, dan Bakar. Lagu terakhirdinyanyikannya bersama Trio Wijaya, penyanyi jebolan program Rising Star Indonesia Season 2 yang tayang di RCTI.

Jauh berbeda dengan genre dangdut, di sini Cita mengusung genre folk, folktronica (folk dan musik elektronika), dan world music. Meski begitu, vokalnya masih menyisakan cengkok dangdut, terutama dalam lagu Mantra-Mantri yang memadukan unsur musik tradisional Jawa dan elektronika. Seniman Sudjiwo Tedjo ikut mengisi lantunan dalam bahasa Jawa dalam lagu ini.

Dalam profil di Spotify, tertulis bahwa sebagai seniman Cita tertarik mencampurkan emosinya dengan alam semesta. Ia juga tertarik memasukkan energi spiritual ke dalam musik dan liriknya.

Penyanyi dan penulis lagu ini juga mencoba mengontrol emosinya itu dengan menghabiskan banyak waktu di alam, melukis, bernyanyi, dan menulis.

Saat masih memakai nama Cita Citata, Cita Rahayu adalah penyanyi dangdut dengan banyak hit, antara lain Goyang Dumang, Sakitnya Tuh di Sini, Perawan atau Janda, Aku Mah Apa Atuh, serta Let's Dance Together yang dinyanyikannya bersama Ayu Ting Ting.

Ia sebenarnya masih menjadi penyanyi dangdut pada 2024, dengan merilis lagu Aku Sang Biduan. Namun pada 2021, ia sempat merilissingle pop berjudul Tak Sempurna.



Sebelum menjadi penyanyi dangdut terkenal, Cita mengawali kariernya sebagai penyanyi jazz. Namun pada 2014 ia memilih aktif sebagai penyanyi dangdut di bawah label Sani Musik Indonesia.

Cita bahkan juga pernah merilis lagu bergenre R&B bercampur EDM pada 2017, berjudul NYCITA. Lagunya direkam di New York selama sembilan hari, dan dibuatdalam dua versi, yaitu berlirikbahasa Indonesia dan Inggris.

Kamu bisa mendengarkan album terbaru Cita yang berjudul Titik Tiga di berbagai platform musik legal di Indonesia.

(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)