Buat Mahasiswa Baru, Ini 8 Cara Supaya Kamu Lebih Pede di Kampus

Buat Mahasiswa Baru, Ini 8 Cara Supaya Kamu Lebih Pede di Kampus
Mahasiswa baru akan menemui banyak tantangan di kampus, salah satunya bisa jadi adalah rasa takut dan rendah diri. Foto/Pixabay
JAKARTA - Dunia perkuliahan bagi mahasiswa baru (maba) adalah hal yang sangat dinantikan. Tapi, tidak sedikit dari maba yang merasa tidak percaya diri (pede) saat pertama kali menjalani kehidupan kampus .

Banyak faktor yang bikin kebanyakan maba tidak percaya diri. Penyebab paling utama adalah rendahnya rasa percaya diri itu sendiri. Menurut The American Psychological Association, kepercayaan diri adalah bentuk keyakinan seseorang yang mampu memenuhi tuntutan ‘tugas’.

Tugas di sini dapat diartikan sebagai hal-hal yang ingin dilakukan oleh seseorang. Lalu, bagaimana untuk membangun rasa percaya diri sebagai maba dalam menghadapi lingkungan yang masih terbilang asing (baru)?

Berikut ini sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi maba, bersumber dari Verywellmind.

1. Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Buat Mahasiswa Baru, Ini 8 Cara Supaya Kamu Lebih Pede di Kampus

Foto: Pixabay

Ada studi yang terbit pada 2018 dalamPersonality and Individual Differences, menemukan hubungan langsung antara kecemburuan dan cara seseorang merasakan tentang dirinya sendiri. Secara khusus, para peneliti mencatat bahwa ketika seseorang membandingkan dirinya dengan orang lain, maka saat itu juga dirinya merasakan kecemburuan, dan bahkan semakin iri kepada orang yang ia bandingkan. Tentu saja, hal tersebut semakin memperburuk perasaan dirinya sendiri.

Cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan menyadarkan diri sendiri bahwa hal itu tidak boleh dilakukan dan bahkan tidak membantu sama sekali. Yakinlah bahwa membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya semakin membuatmu merasa kurang dan bahkan menjatuhkan kepercayaan dirimu.

Tanamkan dalam pikiranmu bahwa setiap orang punya jalannya masing-masing dalam melalui proses kehidupan. Kamu bisa sukses dengan jalannmu sendiri, misalnya dengan mengembangkan hobi atau bakat alami yang sudah ada sejak dirimu terlahir. Ini karena kebanyakan orang masih belum mengetahui bakat potensial dalam dirinya sendiri.

2. Cari Lingkungan dengan Energi Positif

Buat Mahasiswa Baru, Ini 8 Cara Supaya Kamu Lebih Pede di Kampus

Foto: Pixabay

Masa depanmu di dunia perkuliahan bergantung pada langkah yang kamu ambil saat masih menjadi maba. Lingkungan yang baik, pasti bakal memberikanmu atmosfer (vibe) yang positif.

Lingkungan positif artinya adalah pertemanan yang baik bagi diri kamu. Cobalah untuk menilai saat awal, apakah pertemanan yang kamu jalani selalu memberikan dukungan atau justru cenderung menghakimi atau bahkan menjatuhkan dirimu.

Jika pertemanan yang kamu miliki bersifat suportif, pertahankan. Namun jika tidak, tinggalkan dan carilah lingkungan pertemanan lain yang lebih baik.

3. Rawat Tubuhmu

Buat Mahasiswa Baru, Ini 8 Cara Supaya Kamu Lebih Pede di Kampus

Foto: Unsplash

Tubuh yang terawat mendorong tumbuhnya rasa percaya diri bagi kebanyakan orang. Kalau kamu termasuk ke dalam golongan tersebut, perawatan diri menjadi hal yang wajib dilakukan.

Merawat tubuh tidal melulu tentang tubuh bagian luar, misalnya dengan membeli peralatan kecantikan yang mahal dan sebagainya. Tubuh bagian dalam (jiwa) seringkali terlupakan oleh kebanyakan orang, sehingga proses pembangunan rasa percaya diri sulit berkembang.

Cobalah untuk tidur yang cukup dan melakukan meditasi agar jiwamu tetap tenang, jadi emosimu dapat terkendali. Kedua kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi dirimu, seperti meningkatkan optimisme dan yang terpenting tumbuhnya kepercayaan diri.

Baca Juga: Kehidupan Kampus yang Sebenarnya, dan Tips untuk Mahasiswa Baru dalam Menghadapinya
halaman ke-1
Share: