10 Ide Permainan Ospek yang Seru dan Kocak, Bisa untuk Ice Breaking

Kamis, 11 Juli 2024 - 14:25 WIB
loading...
10 Ide Permainan Ospek...
Beberapa ide permainan seru bisa dicoba untuk kegiatan ospek mahasiswa baru. Foto/Ahmad Suryo Pranoto, Flickr
A A A
JAKARTA - Ospek atau kini disebut Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) jadi salah satu tradisi yang paling membekas saat para mahasiswa baru (maba) mengawali kehidupan di dalam kampus.

Hal ini karena ospek menjadi kegiatan pertama para maba untuk mencari tahu lebih dalam tentang kampus, jurusan, dan teman-teman serta kakak tingkatnya. Biasanya panitia ospek akan membuat beberapa kegiatan dan permainan yang menarik supaya peserta tertarik dan semangat mengikuti ospek.

Nah, buat kamu para panitia ospek yang sedang mencari ide permainan yang seru, yang berikut ini bisa kamu coba.


10 Ide Permainan Ospek yang Seru dan Kocak


1. Make a Friend


Make a Friend merupakan salah satu alternatif permainan yang dapat digunakan untuk membuat peserta ospek lebih mengenali dan akrab dengan teman-temannya.

Cara mainnya adalah panitia membagi kelompok yang berisi 2-3 orang. Kemudian setiap kelompok diberikan beberapa lembar soal (matematika, pengetahuan umum, pengetahuan alam, dan lainnya).

Kelompok yang berhasil menyelesaikan satu lembar soal menunjukkan kepada panitia dan diperbolehkan untuk mengajak kenalan kelompok lainnya yang sedang mengerjakan soal.

Pemenangnya ditentukan dari banyaknya kelompok tersebut dapat menarik banyak orang untuk bergabung menjadi kelompoknya.

2. Tupai Mencari Rumah


Permainan kedua ini bisa menjadi pengisi untuk ice breaking saat ospek. Caranya yaitu ada dua orang yang menjadi pohon dan satu orang menjadi tupai.

Kemudian panitia memberikanpetunjuk; "Kata Angin" berarti yang jadi pohon pindah cari tupai yang lain, "Kata Tumbang" berarti yang jadi tupai pindah cari pohon yang lain, dan "Kata Badai" berarti semua yang jadi pohon dan tupai harus ganti pasangan/orang.

3. Komunikasi adalah Kunci


Permainan ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena memerlukan keterampilan komunikasi dan strategi dari setiap anggota kelompok.

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 6 orang dengan pembagian 2 Pengamat, 2 Penyampai Pesan, dan 2 Bertindak.

Panitia menyiapkan lego atau balok yang sudah dibentuk menjadi sesuatu. Dua orang yang ditunjuk sebagai pengamat harus menghafalkan bentuk dan susunan legonya selama durasi waktu yang diberikan.

Setelah waktunya habis, mereka harus mampu menyampaikan hal yang mereka lihat secara lisan ke dua orang yang menjadi penyampai pesan.

Kemudian dua orang penyampai pesan yang sudah memahami pesannya, menyampaikannya kembali ke dua orang yang bertindak untuk menyusun lego yang masih acak.

Kelompok yang menang akan dinilai dari kemiripan lego mulai dari bentuk, susunan, dan warnanya dari lego panitia. Dengan begitu peserta ospek akan belajar untuk melatih komunikasi mereka dan cara menyampaikan pesan dengan baik.

4. Lagu Apakah Aku?


Biasanya peserta ospek akan merasa jenuh apabila hanya diisi materi tanpa ada permainan. Permainan ini bisa digunakan untuk mengisi selang waktu sehingga peserta bisa lebih semangat lagi.

Panitia yang bertugas akan membacakan sepenggal lirik lagu tanpa nada. Kemudian peserta ospek diminta menebak judul lagu dari lirik yang dibacakan.

5. Kenali Aku!


Kenali Aku! adalah permainan yang bisa digunakan untuk membuat peserta lebih penasaran dengan informasi sekolah atau kampusnya yang baru. Dikemas dengan cara menarik, yaitu peserta dibagi beberapa kelompok dengan jumlah 4-5 orang.

Setiap kelompok diberi tugas untuk mencari tahu informasi tentang kampus dari kakak tingkatnya yang sudah diarahkan sebelumnya oleh panitia penyelenggara ospek.

Satu pertanyaan yang diajukan setiap kelompok hanya bisa dijawab oleh kakak tingkat, ketika mereka mampu menjawab pertanyaan dari kakak tingkatnya. Kelompok yang berhasil adalah mereka yang mengumpulkan informasi paling banyak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)