Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!

Kamis, 03 Juni 2021 - 11:57 WIB
loading...
A A A
Contoh kalimat yang dapat menghancurkan rasa percaya diri terhadap lingkungannya adalah “Mereka ngomonginkamu diam-diam. Kamu pikir mereka benar-benar suka sama kamu?".

Kalimat lainnya adalah “Orang-orang pikir kamu aneh dan payah. Enggak usah ke mana-mana. Diam saja di rumah dan tidur di kamar" atau “Mereka mau berteman sama kamu karena ada aku”.

Baca Juga: Lupakan 5 Harapanmu Ini pada Pacar supaya Tak Kecewa dalam Hubungan

4. PERKATAAN YANG MEMBUNUH MENTAL PASANGAN

Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!

Foto: Getty Images

Kategori perkataan ini seolah-olah bisa membunuh perasaan dan mental pasangan secara langsung. Pasalnya, perkataan ini seperti tidak memvalidasi perasaan seseorang dan orang tersebut berujung pada menyalahkan diri sendiri karena bertingkah berlebihan. Padahal, perasaannya pada saat itu nyata dan harusnya dapat diungkapkan dengan baik, bukan dialihkan dan malah disalahkan.

Contoh kalimat yang sesuai dengan deskripsi tersebut adalah “Kok bisa, sih, semua yang kamu pegang jadi hancur berantakan?” atau “Kamu cengeng banget. Aku sudah mengalami asam garam dunia dan kamu menangis cuma karena masalah sepele?”, juga “Ngapain stres? Yang kamu hadapi enggak ada apa-apanya dibanding masalahku”.

5. PERKATAAN YANG TUJUANNYA UNTUK MENIMBULKAN RASA BERSALAH

Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!

Foto: Getty Images

Mirip dengan kategori sebelumnya, kategori perkataan ini juga tidak memvalidasi perasaan seseorang. Bukannya membiarkan dirinya merasakan emosi yang meluap, orang yang gemar menimbulkan rasa bersalah kepada orang lain, termasuk pasangannya, akan menyerangnya dengan perkataan menyakitkan.

Lagi-lagi perkataan seperti ini dilontarkan untuk kepuasaan diri sendiri dan keinginan untuk merasa lebih berkuasa dari pasangannya.

Contoh kalimat yang sesuai dengan deskripsi tersebut adalah “Kamu benar-benar bikin aku menderita. Selamanya kamu tidak akan pernah berhasil mengobati lukaku.”

Contoh lainnya adalah “Kenapa, sih, kamu tidak bisa berkorban buat aku? Kamu sangat egois” dan “Semua ini salahmu. Kamu kekanak-kanakkan. Coba saja kamu lebih mandiri, aku enggak akan selingkuh”.

6. PERKATAAN YANG MENEGASKAN KEKUASAAN SATU INDIVIDU

Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!

Foto: Getty Images

Hubungan romantis biasanya diawali oleh rasa sayang dan menghormati satu sama lain. Namun perasaan tersebut bisa saja berubah. Awalnya saling menyayangi namun akhirnya salah satu individu ingin menguasai individu lainnya.

Bagi individu tersebut, memegang kendali atas orang lain memberikan kepuasan tersendiri. Selain itu, orang itu juga bisa menyembunyikan kerapuhan dan kelemahan dirinya sendiri.

Contoh kalimat yang sesuai dengan gambaran tersebut adalah “Aku bisa menyelesaikan masalahmu dengan cepat. Kamu enggak ada apa-apanya.” atau “Kalau bukan karena aku, kamu pasti masih menderita sekarang.”, juga “Kamu bodoh kalau berpikir kamu bisa menang melawanku.”

Baca Juga: 7 Cara Menulis Surat Cinta yang Efektif Menurut Ahli

Untuk kamu yang lagi asyik-asyiknya berpacaran, ingat bahwa semarah apa pun, sefrustrasi apa pun, selelah apa pun, upayakan untuk tidak melontarkan kata-kata yang menyakitkan. Luka yang disebabkan oleh perkataan tajam dan menghina kadang bertahan sampai bertahun-tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)