Profil 8 Kampus Ternama Amerika yang Ikut Aksi Encampment Pro-Palestina, Banyak dari Ivy League

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:14 WIB
loading...
Profil 8 Kampus Ternama Amerika yang Ikut Aksi Encampment Pro-Palestina, Banyak dari Ivy League
Para mahasiswa dari University of California Los Angeles (UCLA) mendirikan kemah dalam aksi encampment meminta kampus melakukan divestasi dari Israel. Foto/Mike Blake, Reuters
A A A
JAKARTA - Sederet universitas elite di Amerika Serikat ikut melakukan aksi encampment sebagai bentuk dukungan mereka untuk warga Palestina yang diserang pemerintah Israel.

Encampment merupakan gerakan demonstrasi dari para mahasiswa Pro-Palestina, yang diawali oleh salah satu universitas ternama di Amerika Serikat yaitu Columbia University. Mereka mulai menggelar perkemahan di universitas pada tanggal 17 April lalu dan mulai diikuti oleh universitas lainnya.

Gerakan ini menuntut untuk lembaga akademis agar berhenti berbisnis dengan perusahaan-perusahaan yang pro terhadap Israel dan membantu mereka dalam serangan yang dilakukan di Gaza. Mereka juga menuntut pemerintah untuk ikut campur dalam menekan adanya gencatan senjata di Gaza yang telah memakan banyak korban jiwa.

Baca Juga: Deretan Kampus Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Menurut Omar Maslow, profesor Ilmu Politik Universitas California, aksi ini cepat menyebar karena Universitas Columbia merupakan universitas ternama yang masuk dalam Ivy League dan rumah dari sejumlah mahasiswa Yahudi. Ini membuatnya langsung mendapat banyak sorotan dari media dan pengawasan politik.

Profil Universitas Ternama yang LakukanEncampment Pro-Palestina


1. Columbia University

Profil 8 Kampus Ternama Amerika yang Ikut Aksi Encampment Pro-Palestina, Banyak dari Ivy League


Universitas Ivy League ini menduduki peringkat ke-23 sebagai universitas terbaik di dunia, dan telah menghasilkan banyak alumni yang sangat luar biasa, mulai dari Bapak Pendiri AS hingga pemenang penghargaan bidang jurnalistik Pulitzer.

Beberapa lulusan terkenal dari universitas elite ini antara lain seperti Harold C.Urey, I.I. Rabi, Andre Cournand, William Vickrey, Lou Gehrig, Matthew Fox, Jake Gyllenhaal, hingga Barack Obama dan Alexander Hamilton.

Universitas ini juga menghasilkan kurang lebih 400 hasil riset setiap tahunnya dan telah melahirkan 87 penghargaan nobel. Dengan fasilitasnya yang sangat lengkap tak heran membuat universitas ini menjadi salah satu yang terbaik di Amerika Serikat.

Setelah para mahasiswa memulai aksinya melakukan encampment, pihak kampus justru meminta bantuan polisi untuk membubarkan aksi tersebut. Keadaan semakin memanas ketika petugas menembakkan senjata api saat menyerbu Hamilton Hall. Hingga kini ada ratusan mahasiswa yang diamankan, bahkan terancam diberhentikan dari kampus karena melakukan aksi tersebut.

2. Brown University

Profil 8 Kampus Ternama Amerika yang Ikut Aksi Encampment Pro-Palestina, Banyak dari Ivy League


Universitas yang juga termasuk dalam Ivy League ini tercatat di peringkat ke-63 universitas terbaik di dunia, juga memiliki alumni yang tidak kalah luar biasa. Beberapa nama di antaranya seperti John D. Rockefeller Junior, Emma Watson, Ted Turner, John F. Kennedy Junior, Meredith Whitney, dan Walter Hoving.

Universitas yang memiliki 40 departemen ilmu dan 80 konsentrasi jurusan ini juga tercatat telah memenangkan 8 penghargaan nobel meliputi alumni, anggota fakultas, dan para peneliti mereka.

Di tengah keributan yang semakin memanas Brown University justru memberikan contoh yang sangat baik untuk kampus lainnya. Para mahasiswa dan pejabat dari kampus tersebut berhasil membuat kesepakatan dengan para mahasiswa.

Para mahasiswwa setuju membongkar tenda mereka dan pihak kampus mengatakan akan berdiskusi dan melakukan pemungutan suara mengenai divestasi dana dari perusahaan yang berbisnis dengan Israel dan atau mendapatkan keuntungan dari genosida di Palestina.

3. Harvard University

Profil 8 Kampus Ternama Amerika yang Ikut Aksi Encampment Pro-Palestina, Banyak dari Ivy League


Kampus Ivy League berikutnya ada Harvard University, yang masuk dalam jajaran lima besar universitas terbaik di dunia, dan menempati urutan ke-4 untuk saat ini. Beberapa lulusan dari kampus ini juga tidak kalah hebat di antaranya Bill Gates, Mark Zuckerberg, John F. Kennedy, Natalie Portman, dan Robert Oppenheimer.

Sebagai salah satu universitas elite yang menjadi tujuan dari banyak pelajar di dunia, universitas ini telah memenangkan 161 penghargaan nobel dan menjadi yang terbanyak hingga saat ini.

Para mahasiswa dari Harvard University juga ikut dalam aksi encampment untuk membela hak-hak warga Palestina. Namun menurut Harvard Crimson, terdapat 30 lebih mahasiswa pengunjuk rasa yang menghadapi tindakan disipliner karena dianggap melanggar peraturan kampus. Mereka dipanggil oleh Dewan Administratif Harvard yang bertanggung jawab atas penegakan kebijakan kampus.

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Profil 8 Kampus Ternama Amerika yang Ikut Aksi Encampment Pro-Palestina, Banyak dari Ivy League
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)