Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!

Kamis, 03 Juni 2021 - 11:57 WIB
loading...
Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!
Saat menjalin hubungan dengan seseorang, kamu harus lebih berhati-hati dalam berbicara agar tak melukai perasaan pasangan. Foto/Unsplash
A A A
JAKARTA - Dalam menjalin hubungan, pasti pertengkaran pernah atau malah sering terjadi. Kalau disikapi dengan positif, hal ini justru bisa memperkuat hubungan dan membuat satu sama lain saling mengenal lebih dalam.

Karenanya, kalau ada ganjalan di dalam hati, belajarlah untuk mengomunikasikannya agar kesalahpahaman dan potensi pertengkaran bisa dihadapi dengan baik.

Sayangnya, dalam banyak kasus, pertengkaran malah berujung dengan keluarnya kata-kata yang bikin sakit hati dan membuat hubungan akhirnya kandas lebih cepat. Rasa marah, tidak sabar, malu, atau perasaan negatif lainnya bercampur aduk sehingga bukannya dihadapi dengan kepala dingin, yang terjadi justru tindakan saling menyalahkan.

Mengutip dari Psychology Today , dikatakan bahwa ada enam kategori frasa atau kalimat destruktif yang bisa menjadi bibit pupusnya hubunganmu dengan pasangan . Nah, berikut daftarnya.

1. PERKATAAN YANG BIKIN RASA PERCAYA DIRI HANCUR

Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!

Foto: Freepik

Di tengah dunia saat semua orang seperti dituntut untuk selalu berkompetisi, tidak jarang rasa percaya diri seseorang gampang terkikis. Pada saat seperti itu, tentu saja akan sangat menyenangkan kalau ada pasangan yang mau selalu mendukung. Perkataan manis dan tindakan kecil, tapi menunjukkan perhatian besar sudah cukup untuk membangkitkan semangat.

Sayangnya, ketika sedang dalam pertengkaran atau dalam kondisi rendah diri dan malu, ada saja individu yang melampiaskannya pada pasangannya. Seseorang yang kehilangan rasa percaya diri dan tertekan umumnya merasa akan mendapatkan kekuatannyalagi saat diaberhasil 'menjatuhkan orang lain', tak terkecuali pasangannya.

Contoh kalimat yang berbahaya untuk diucapkan karena bisa menghancurkan rasa percaya diri adalah “Kenapa kamu pikir ada orang lain yang mau menerima kamu selain aku? Memangnya kamu sehebat apa?”

Kalimat lainnya yaitu “Enggak heran kalau hubunganmu dengan orang lain selalu berantakan. Kamu payah” atau “Kamu bisanya apa, sih? Ngapain ajaenggak pernah berhasil”.

Entah dilontarkan sebagai candaan atau dalam suasana tegang, hindari mengucapkan kalimat-kalimat seperti itu. Ingat, satu kalimat tajam bisa menghancurkan hubungan yang sudah dibina sekian lama.

2. PERKATAAN YANG MEMBUAT HARGA DIRI HANCUR

Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!

Foto: Getty Images

Ketika harga diri terluka dan seseorang tidak lagi merasa dirinya berharga, ada beberapa orang yang cenderung menyakiti orang lain dengan melakukan hal yang sama. Lewat kata-kata menyebalkan sekaligus menyakitkan, orang tersebut bermaksud membuat orang lain, bahkan pasangannya, untuk sama-sama menderita dan merasa tidak berharga.

Contoh kalimat yang berbahaya untuk diucapkan karena dapat menghancurkan rasa keberhargaan diri adalah “Aku tidak butuh kamu. Sejak awal, kamu yang selalu bergantung padaku, bukan sebaliknya.”

Kalimat lainnya yaitu “Aku enggak pernah sekecewa ini dalam hidupku. Kamu benar-benar bikin semuanya jadi kacau" atau “Kamu enggak pernah tulus sama aku”.

3. PERKATAAN YANG MEMUNCULKAN 'TRUST ISSUE'

Hindari Mengatakan 6 Hal Ini kalau Mau Hubunganmu Langgeng!

Foto: Getty Images

Trust issueadalah rasa tidak percaya pada seseorang atau sesuatu hingga membuatnya selalu waspada pada tindak tanduk orang tersebut. Hal initentunya bukan hal yang buruk untuk diterapkan, tapi kalau seseorang menjadi menarik diri dari lingkungan sosial akibat perkataan menyakitkan pasangannya, maka hal tersebut menunjukkan ciri hubungan yang tidak sehat.

Padahal, apa yang diutarakan oleh orang tersebut belum tentu benar. Salah satu cara untuk kembali merasa percaya diri adalah membuat orang lain (lingkungan sosial) seolah-olah setuju dengan pendapatnya mengenai pasangannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2603 seconds (0.1#10.140)