5 Cara Berdebat dengan 'Kepala Dingin', Antibaper!

Jum'at, 30 April 2021 - 21:22 WIB
loading...
5 Cara Berdebat dengan Kepala Dingin, Antibaper!
Melakukan depan secara langsung atau lewat media sosial kadang bisa memancing emosi buruk. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Di media sosial, sering kali kita mesti berdebat atau adu pendapat dengan orang lain. Sering pula. perdebatan malah ada yang berujung pada saling maki dan topik perdebatan pun menjadi jauh dari esensinya.

Kita tumbuh dan berkembang di lingkungan yang berbeda dan banyak faktor membentuk kepribadian kita, seperti orang-orang di sekitar kita dan pendidikan yang kita terima. Faktor-faktor itu juga bisa memengaruhi dan mengembangkan pendapat, sikap, perilaku, serta keyakinan kita.

Kita bisa memilih untuk tidak setuju pada pendapat atau topik orang lain. Kita juga bisa belajar bahwa orang lain pun mempunyai pendapat yang berbeda dengan kita.

Terkadang kita mesti berhadapan dengan orang-orang dengan pendapat yang kuat, sementara bisa jadi kita sedang tidak ada waktu untuk berdebat secara panjang lebar.

Nah, berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan saat berhadapan dengan orang yang berbeda pendapat denganmu tanpa harus membuang waktu dengan perdebatan yang tidak esensial.

1. BERPIKIRAN TERBUKA

5 Cara Berdebat dengan 'Kepala Dingin', Antibaper!

Foto: Dreamsite

Jika kamu ingin berdiskusi atau berdebat, lakukan upaya untuk tetap menghargai dan mencoba membuka diri pada pendapat dan sudut pandang orang lain. Mungkin ini terlihat sulit, tapi jadi satu-satunya cara agar kamu bisa melihat topik atau pendapat orang lain secara adil.

2. MENDENGARKAN

5 Cara Berdebat dengan 'Kepala Dingin', Antibaper!

Foto: Shutterstock

Terkadang sulit ada dalam posisi hanya diam dan mendengarkan pendapat orang lain. Kita ingin segera memberikan pendapat, melawan argumen, dan menyatakan ketidaksetujuan kita. Listening is an art. Cobalah untuk tetap berpikir jernih tanpa sibuk memikirkan tanggapan yang harus kamu berikan.

Baca Juga: 10 Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Tahun 2025, Kamu Punya Enggak?

3. TETAP PADA FAKTA

5 Cara Berdebat dengan 'Kepala Dingin', Antibaper!

Foto: istock

Setidaknya ada dua sisi cerita atau lebih ketika ada pendapat berbeda. Sebelum terlibat diskusi, sebaiknya kamu harus paham pendapatmu dan alasan mengapa kamu memilihnya.Berpeganglah pada fakta dan berargumenlah yang kuat. Jangan terpancing jika lawan bicara ingin menyimpang atau mengalihkan isu.

Menyimpan fakta juga memberikanmu kesempatan untuk melihat dan belajar tentang pemikiran, keyakinan, dan pendapat orang lain yang mungkin belum pernah kamu temukan sebelumnya. Pada akhirnya, ini akan memperluas cara berpikir dan membuka dirimu untuk ide dan pandangan yang lebih beragam.

4. JANGAN MUDAH EMOSI

5 Cara Berdebat dengan 'Kepala Dingin', Antibaper!

Foto: istock

Ini juga sulit dilakukan. Apalagi kalau situasi sudah memanas, kita bisa kehilangan kesabaran dan mudah terpancing emosi. Diskusi menjadi tempat untuk orang menghina, merendahkan, dan melecehkan secara verbal. Jika hal ini sudah terjadi, lebih baik segera mengakhiri perdebatan.

Baca Juga: Meredakan Amarah ala Thich Nhat Hanh, The Father of Mindfulness
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)