10 Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Tahun 2025, Kamu Punya Enggak?

Rabu, 02 Desember 2020 - 06:20 WIB
loading...
10 Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Tahun 2025, Kamu Punya Enggak?
Persaingan kerja yang kompetitif, individu dituntut memiliki 10 Skill ini. Foto/Entrepreneur
A A A
JAKARTA - Skill adalah kemampuan dalam melakukan sesuatu hal. Skill sangat dibutuhkan di berbagai kesempatan terlebih dalam bidang karier.

Tapi tahukah kamu skill apa yang amat dibutuhkan oleh perusahaan dan pasaran untuk para pekerja nanti ditahun 2025? Dan apakah kamu sudah membekali diri dengan skills yang diperlukan?.

Dilansir dari World Economic Forum, 50% pekerja memerlukan perubahaan dalam skill mereka (reskilling) ditahun 2025. Karena sekitar 97 juta pekerjaan kini berfokus akan mesin, manusia dan alogaritma. Berikut adalah 10 skill yang akan diperlukan di tahun 2025 mendatang.
10 Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Tahun 2025, Kamu Punya Enggak?


Foto: mg.co.za

ANALYTICAL THINKING dan INOVASI

Analytical thinking ( berfikir analisis) menjadi salah satu skill yang akan diperlukan di tahun 2025. Skill ini diperlukan agar dapat memecahkan masalah secara cepat dan efektif.

Selain itu, analytical thinking berperan dalam pemecahan masalah, research, komunikasi bahkan data report. Adapun inovasi diperlukan untuk memberikan terobosan baru mengenai keadaan pasar serta meningkatkan kualitas perusahaan.

ACTIVE LEARNING dan LEARNING STRATEGIC

Active learning dan learning strategic pada skill ini dimaksudkan kemampuan individu untuk terus belajar serta menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kapabilitasnya.

Contoh Active learning dan learning strategic adalah studi kasus, diskusi, pemecahan masalah secara berkelompok maupun individu, bahkan role plays. (Baca Juga: 7 idol k pop dengan pipi menggemaskan pilihan k netizen bikin pengen nyubit)

PEMECAHAN MASALAH SECARA KOMPLEKS

Pemecahan masalah secara kompleks menjadi salah satu skill yang dibutuhkan ditahun 2025 kelak. Karena skill ini melibatkan kemampuan seseorang dalam melihat berbagai masalah dari berbagai perspektif, berbagai pendekatan, serta solusi apa yang dapat dilakukan.

Contohnya ialah ketika melihat permasalahan mengenai sampah, kemiskinan, dan kesenjangan, individu mampu memberikan pemecahan masalah yang holistik.

ANALISIS dan BERPIKIR KRITIS

Skill ini diperlukan untuk mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan menganalisis dari berbagai perspektif termasuk hal apa yang kira-kira akan mempengaruhi performa perusahaan.

Selain itu, berfikir kritis diperlukan dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis data atau argument, mengidentifikasikan asumsi sehingga dapat membuat sebuah keputusan.

KREATIVITAS, ORIGINALITAS, dan INISIATIF

Skill ini diperlukan untuk memberikan ide segar terlebih untuk kalian yang bekerja dibidang industri kreatif.

KEPEMIMPINAN dan SOCIAL INFLUENCE

Kepemimpinan (leadership) menjadi skill yang dibutuhkan. Karena dalam sebuah pekerjaan dibutuhkan pemimpin untuk mengatur anggotanya serta mencapai keberhasilan bersama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)