Serunya Edukasi Penerbangan ala Captain Hanafi Herlim di TikTok

Sabtu, 14 September 2024 - 15:16 WIB
loading...
Serunya Edukasi Penerbangan...
Captain Hanafi Herlim memberikan konten tentang penerbangan yang sekaligus jadi edukasi buat pengguna TikTok. Foto/Putri Nazwah Khalizah
A A A
JAKARTA - TikTok telah menjadi salah satu cara efektif untuk menyebarkan informasi dan edukasi. Salah satu contoh inspiratif adalah Captain Hanafi Herlim, seorang mantan pilot dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam dunia penerbangan.

Lewat akun TikTok-nya, @hanafiherlim, Captain Hanafi telah berhasil membuka akses edukasi bagi banyak orang, terutama mereka yang ingin menempuh karier sebagai pilot atau memiliki minat besar pada topik aviasi.

Hanafi pun menceritakan pengalamannya ini lewat acara bincang-bincang #SerunyadiTikTok: Kreator Lintas Generasi Bagi Pengalaman Berharga di TikTok yang berlangsung pada Jumat (13/9) di kawasan Jakarta Selatan. Berikut ini ringkasannya.


Semua Berawal dari Kebetulan yang Tak Terduga


Pada 13 April 2022, Captain Hanafi mengakhiri masa baktinya sebagai pilot senior di salah satu maskapai penerbangan nasional. Untuk menyampaikan rasa syukurnya, ia memberikan pidato singkat di hadapan para penumpang yang ingin melakukan penerbangan dari Jakarta ke Denpasar.

Ia meminta rekannya merekam video perpisahan tersebut sebagai kenang-kenangan untuk cucunya. Kualitas rekaman yang baik membuat Captain Hanafi mengunggah momen spesial ini ke akun TikTok-nya.

Tak disangka, video tersebut berhasil menarik perhatian pengguna TikTok dan ditonton lebih dari dua juta kali dalam waktu kurang dari 24 jam. Kini, video tersebut telah ditonton lebih dari 20,6 juta kali.

Menyadari ketertarikan yang ditunjukkan pengguna TikTok terhadap kontennya, Captain Hanafi memutuskan untuk konsisten berbagi lebih banyak edukasi dan informasi seputar industri penerbangan di TikTok.

Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman


Dengan 28.200 jam terbang di Indonesia, Captain Hanafi berbagi pengetahuan dan pengalamannya melalui video pendek yang rutin diunggah secara teratur di TikTok. Ia juga aktif berinteraksi menjawab segudang pertanyaan dari komunitas TikTok, khususnya para calon pilot, melalui siaran langsung di TikTok LIVE.

Dengan demikian, Captain Hanafi tidak hanya berbagi pengetahuan tetapi juga membangun komunitas yang saling mendukung.

Perencanaan Konten yang Inovatif

Dalam hal perencanaan konten, Captain Hanafi merupakan penggagas konsep konten seputar industri penerbangan. Setelah konsep ditentukan, kedua putra Captain Hanafi membantu pengambilan gambar, penyuntingan video, dan penulisan naskah.

Dengan cara ini, Captain Hanafi dapat memastikan bahwa kontennya tidak hanya informatif tetapi juga menarik dan mudah dipahami.

Membuka Akses Edukasi


Melalui TikTok, Captain Hanafi berhasil membuka akses edukasi bagi mereka yang ingin menempuh karier sebagai seorang pilot, maupun mereka yang memiliki minat besar pada topik aviasi.

Topik yang jarang dikupas di kalangan para kreator, seperti proses penerbangan, perencanaan rute, dan pengalaman di lapangan, telah menjadi subjek yang menarik bagi banyak pengguna TikTok.

Ucapan Perpisahan Jadi Awal Baru

Meski sudah dua tahun sejak video perpisahan unggahannya trending di TikTok, Captain Hanafi terus aktif berkarya melalui berbagai kesempatan. Ia tampil sebagai narasumber ahli dalam acara bincang-bincang bersama di siniar (podcast), wawancara bersama media.

Ia bahkan menerbitkan autobiografi yang bertajuk Last Flight Pilot: Autobiografi Captain Hanafi Herlim - Menjadi Pilot, Terbang di Wilayah Konflik, dan Catatan Pilot Senior.

Tak berhenti sampai di sana, Captain Hanafi juga terus mendukung para calon pilot, baik di Indonesia maupun di luar negeri, dengan berbagi tips merintis karier sebagai pilot dan merekomendasikan sekolah penerbangan di Indonesia.

Salah satu video unggahannya tentang rekomendasi sebuah sekolah pilot di Indonesia berhasil menarik minat siswa dari Vietnam, Ethiopia, Libya, Singapura, dan Malaysia.



Ke depannya, Captain Hanafi berencana untuk terus membagikan keahliannya di TikTok dan menyelenggarakan rangkaian kursus untuk menginspirasi audiensnya yang ingin mengejar karier dalam bidang penerbangan, sekaligus memajukan sektor aviasi di Indonesia.

Captain Hanafi Herlim telah menunjukkan bahwa edukasi tidak hanya harus formal dan tradisional, tetapi juga dapat dilakukan melalui platform digital seperti TikTok. Lewat kontennya yang menarik dan informatif, ia telah membuka akses bagi banyak orang untuk belajar dan tumbuh dalam bidang penerbangan.

MG/Putri Nazwah Khalizah
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)