4 Karakter Pembeli di TikTok, Kamu yang Mana?

Sabtu, 21 September 2024 - 14:19 WIB
loading...
4 Karakter Pembeli di...
TikTok membeberkan tipe pembeli di platformnya saat acara Media Briefing TikTok Mega Sales 2024. Foto/TikTok Indonesia
A A A
JAKARTA - TikTok bukan hanya platform media sosial , tapi juga sebagai saluran bisnis tempat orang melakukan transaksi jual beli.

Menurut Head of Business TikTok Indonesia Sitaresti Astarini, ada empat karakter atau persona pembeli di platform tersebut. Hal ini disampaikannya dalam acara Media Briefing TikTok Mega Sales 2024 pada Rabu (18/9) di kawasan Jakarta Selatan.

Berikut ini empat jenis pembeli dalam TikTok. Cek golongan yang mana yang perilaku belanjanya sama seperti kamu.


1. Bargain Hunters (Pemburu Diskon)


Persona ini sangat tertarik pada diskon dan promosi, dengan 77% di antara mereka mengaku akan segera membeli atau menyimpan produk saat melihat penawaran menarik.

2. Inspirational Hunters (Pencari Inspirasi)


Persona ini aktif mencari tren dan inspirasi, dengan 95% di antaranya melakukan riset lebih lanjut sebelum membuat keputusan pembelian.

3. Effortless Shoppers (Pembeli Praktis)


Persona ini lebih menyukai pengalaman belanja yang mudah tanpa harus berpindah aplikasi, dengan 89% dari mereka menikmati pengalaman berbelanja yang mulus di TikTok.

4. Purposeful Shoppers (Pembeli Berdasarkan Tujuan)


Persona ini mencari merek yang sejalan dengan nilai-nilai pribadi mereka, dan 95% dari mereka berusaha menemukan produk yang sesuai dengan prinsip tersebut di TikTok.

Sementara itu, menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Kantar Profile bekerja sama dengan TikTok, diketahui bahwa pada 2024, sekitar 90% konsumen TikTok melakukan pembelian selama periode Mega Sales 2023. Selain itu, diperkirakan setengah dari konsumen TikTok di Indonesia akan kembali berbelanja selama Mega Sales tahun ini. Namun, TikTok tidak mengungkapkan rincian spesifik mengenai persentase konsumen tersebut.

Riset lain yang dilakukan TikTok bersama Accenture Song pada 2023 menemukan bahwa 60% pengguna TikTok aktif mencari konten untuk mendapatkan rekomendasi produk yang lebih baik. Dengan demikian, pelaku bisnis tidak hanya menggunakan media sosial untuk menjual produk, tetapi juga menciptakan konten kreatif yang dapat menarik pelanggan setia dan membangun citra positif bagi merek mereka.

“Sekarang ini, konsumen menganggap konten sebagai elemen penting dalam proses berbelanja, yang memengaruhi perilaku dan keputusan mereka ketika mencari tren serta inspirasi,” ungkap Sitaresti Astarini.



TikTok juga menyediakan fitur analisis yang bermanfaat bagi pelaku bisnis dalam merancang konten kreatif. Fitur Creator Search Insight membantu dalam menemukan topik dan konten yang sedang tren, sehingga dapat disesuaikan dengan preferensi audiens.

Selain itu, TikTok Creative Center memungkinkan pengguna untuk melihat iklan populer, lagu-lagu, dan tagar yang banyak digunakan, serta produk-produk yang disukai untuk menambah referensi.
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)