5 Pelajaran Hidup dari Novel 'Kafka on the Shore' Karya Haruki Murakami

Selasa, 02 Maret 2021 - 18:58 WIB
loading...
A A A
5 Pelajaran Hidup dari Novel 'Kafka on the Shore' Karya Haruki Murakami

Foto: YouTube Ted Ed

Ada saat kamu merasa orang-orang di sekitar sangat mengekang. Kamu ingin mengambil keputusan sendiri. Toh, ini hidupmu. Kamu ingin bebas menikmati apa yang kamu suka.

Padahal begitu bebas betulan, kamu akan bertemu dengan 'makhluk' yang bernama tanggung jawab. Banyak dari mereka yang tidak menyukainya.

Berikut kutipan ucapan tokoh Oshima saat mengomentari kehidupan bebas yang dilakukan Kafka.

”Mungkin sebagian besar manusia di dunia ini tidak berusaha untuk bebas, Kafka. Mereka hanya mengira mereka bebas. Itu hanya ilusi. Kalau mereka benar-benar bebas, berarti ada sebagian manusia yang tidak bebas. Kau harus ingat itu. Manusia sebenarnya lebih suka tidak bebas” (halaman 400).

4. ADA BEBERAPA HAL YANG TIDAK PERLU DIPUSINGKAN

5 Pelajaran Hidup dari Novel 'Kafka on the Shore' Karya Haruki Murakami

Foto: DevianArt/Pinterest

Pertemuan Hoshino dengan Nakata mendatangkan banyak hal aneh atau absurd dalam hidup Hoshino. Seperti masalah hujan lintah, pintu dimensi, dan perjalanan bersama roh.

“Semakin Hoshino mengungkapkan kejadian ini, dia semakin bingung. Dia memutuskan lebih baik jangan coba-coba menjadikan sesuatu yang tidak masuk akal menjadi masuk akal. Pikiran yang tidak bermanfaat lebih buruk ketimbang tidak berpikir sama sekali.”

Sama seperti ketika kamu mempermasalahkan keputusanmu pada masa lalu. Terjebak pada pikiran ‘seandainya begini’. Pengandaian tidak menyelesaikan masalah hari ini atau memperbaiki masa depan. Lagi pula dalam dalam hidup memang banyak hal yang tidak terduga.

5. HIDUP TERUS BERGERAK

5 Pelajaran Hidup dari Novel 'Kafka on the Shore' Karya Haruki Murakami

Foto: INPRNT/Pinterest

“Banyak hal berubah setiap hari, Tuan Nakata. Dunia hari ini tidak sama dengan hari sebelumnya. Dan anda sendiri pun juga bukan orang yang sama dengan kemarin” (halaman 142).Ucapan itu dilontarkan Hoshino ketika Nakata bercerita sudah tidak bisa berbicara lagi dengan kucing.

Baca Juga: Brazen Bull, Mesin Pembunuh Keji Andalan Raja Tiran Yunani Kuno

Kutipan ini menunjukan bahwa hidup manusia selalu bergerak. Selalu berbeda dengan hari sebelumnya. Waktu tidak akan mau tahu kamu siap atau tidak. Dia tetap bergerak maju. Jadi jangan berlama-lama tinggal dalam masa lalu.

Hikmah Ovita
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @hikmahvt
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)