CERMIN: George Miller adalah Seorang Feminis

Sabtu, 25 Mei 2024 - 09:54 WIB
loading...
A A A
Dalam 10 tahun mendatang, rasanya karakter Furiosa akan banyak dijadikan studi kasus atau tinjauan materi menarik untuk tulisan terkait perspektif gender. Mungkin George tak pernah membayangkannya sedemikian rupa. Mungkin George tak pernah mengharapkannya.



Namun bagaimana George bertumbuh dalam dunia yang awalnya mendewakan protagonis laki-laki dan kini memilih berada di samping protagonis perempuan juga menjadi kajian menarik. Tentu saja selalu menarik membahas bagaimana sutradara laki-laki mencoba sekuat tenaga dan dengan sepenuh hati memahami perempuan, dan menumbuhkan empatinya untuk menjadi seorang feminis dalam karya-karyanya.

George, Martin, dan saya mungkin tak perlu label ā€œfeminisā€ itu. Yang kita perlukan tentu saja adalah semakin banyak sutradara laki-laki yang bertumbuh dan melihat perempuan dalam berbagai sudut pandang, tak lagi melulu sebagai korban, tapi juga sebagai seorang pejuang dan penyintas seperti Furiosa.

Furiosa: a Mad Max Saga
Produser: George Miller, Doug Mitchell
Penulis Skenario: George Miller, Nick Lathouris
Sutradara: George Miller
Pemain: Anya Taylor-Joy, Chris Hemsworth, Tom Burke

Ichwan Persada
Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)
pixels