8 Tips Bikin Baper si Introvert, PDKT-mu Pasti Lancar!

Senin, 24 Oktober 2022 - 17:13 WIB
loading...
A A A
7. Bila Terjadi Perdebatan, Berilah Dia Waktu untuk Memprosesnya

8 Tips Bikin Baper si Introvert, PDKT-mu Pasti Lancar!

Foto: Liza Summer/Pexels

Berdebat tentu merupakan hal yang wajar terjadi dalam hubungan apa pun termasuk asmara. Nah, bila suatu saat kamu bertengkar dengan gebetan-mu yang notabenenya adalah seorang introvert, kamu harus memberinya waktu untuk memproses masalah yang terjadi.

“Berbeda dengan extrovert yang dapat dengan mudah mengungkapkan perasaannya, orang yang introvert sering kali tetap diam sehingga sering disalahartikan sebagai bentuk ketidakpedulian atau penolakan. Bila saat itu orang yang extrovert tak menyadari ini dan justru memaksa mendapat tanggapan, introvert justru akan mundur atau menunda menanggapi lebih lama,” kata Marc Miller, seorang pelatih psikologis dan komunikasi di New York.

Pendapat tersebut juga didukung oleh pernyataan Dan. “Introvert sering membutuhkan lebih banyak waktu daripada extrovert untuk memikirkan masalah-masalah penting. Cobalah untuk tidak membiarkan ini membuatmu frustrasi,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Laurie Helgoe, berbeda dengan extrovert yang lebih baik menyelesaikan konflik secara tatap muka, orang yang introvert biasanya lebih senang mengungkapkannya lewat tulisan seperti melalui pesan singkat.

Baca Juga: Drama Korea yang Karakter Utama Perempuannya Bikin Penonton Emosi

8. Jadilah Dirimu Sendiri dan Beritahu Dia Apa yang Kamu Butuhkan Darinya

8 Tips Bikin Baper si Introvert, PDKT-mu Pasti Lancar!

Foto:Samson Katt/Pexels

Hal terakhir yang tentunya tak kalah penting adalah menjadi dirimu sendiri. Dalam penelitian berjudul "Under which conditions can introverts achieve happiness? Mediation and moderation effects of the quality of social relationships and emotion regulation ability on happiness” yang dilakukan Cabello dan Fernandez-Berrocal pada 2015, menyebutkan bahwa orang introvert lebih bahagia dengan hubungan sosial berkualitas tinggi.

Untuk itu, kepercayaan adalah suatu keharusan. Jadi, jangan takut untuk mengekspresikan dirimu sejujur-jujurnya karena doi-mu mungkin justru akan membuka diri padamu.

Di samping itu, kamu mungkin juga butuh untuk menjelaskan mengenai harapanmu terkait hubunganmu dengan dirinya. Jika tidak, mungkin kamu tak dapat memenuhi kebutuhan emosionalmu dan hubungan kalian bisa menjadi tak sehat.

Ada beberapa contoh yang disarankan Hailey Shafir yang mungkin bisa kamu lakukan, seperti membiarkannya tahu bahwa kehadirannya dalam acaramu sangat berarti atau sekadar memintanya berusaha untuk menghubungi lebih dulu.

Nah, kalau sudah membaca tips-tips di atas, selamat mencoba!

Rastianta Rinandani
Kontributor GenSINDO
Universitas Negeri Jakarta
Instagram: @rastiantar
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)