Drama Korea yang Karakter Utama Perempuannya Bikin Penonton Emosi

Senin, 24 Oktober 2022 - 11:40 WIB
loading...
Drama Korea yang Karakter Utama Perempuannya Bikin Penonton Emosi
Yoo Na-bi yang diperankan Han So-hee dalam Nevertheless membuat penonton kesal karena terlalu naif dan tidak percaya diri. Foto/JTBC
A A A
JAKARTA - Penggambaran karakter utama perempuan dalam drama Korea terus mengalami perkembangan, tapi masih ada yang dibuat sangat konvensional atau klise.

Belakangan, para pembuat drama Korea kerap menggambarkan karakter utama perempuan yang lebih kuat, tahu persis keinginannya, dan mandiri. Namun beberapa tahun lampau, penggambaran para perempuan banyak yang dibuat sangat klise, hanya mampu menangis dan bergantung sepenuhnya pada karakter utama pria.

Sementara beberapa drama lainnya yang lebih baru mendeskripsikan karakter utama perempuannya jadi sosok yang plin-plan atau malah terlalu naif, atau malah sangat menyebalkan. Berikut ini beberapa drama Korea yang karakter utama perempuannya memiliki kepribadian atau perilaku yang membuat penonton kesal dan emosi dibuatnya.

1. Nevertheless (2021)

Drama Korea yang Karakter Utama Perempuannya Bikin Penonton Emosi

Foto: JTBC

Sejak episode-episode awal Nevertheless, karakter utama perempuan Yoo Na-bi (Han So-hee) sudah membuat banyak penonton gemas dengan perilakunya. Bayangkan saja, saat akhirnya lepas dari hubungan percintaan yang toxic, nyatanya ia malah kembali menjalin hubungan beracun dengan pria berbeda, yaitu dengan si playboy Jae-eon (Song Kang).

Meski sudah jelas bahwa dirinya hanya dipakai sebagai alat untuk bersenang-senang oleh Jae-eon, Na-bi nyatanya masih saja kepincut pria itu. Berulang kali disakiti dan menangis, Na-bi tetap tak bisa lepas dari manipulasi yang dilakukan Jae-eon.

Bahkan saat ada pria baik-baik yang tulus mencintainya, yaitu Do-hyeok (Chae Jong-hyeop), Na-bi tetap saja pada akhirnya memilih Jae-eon. Meski Jae-eon berjanji akan menjadi pria yang lebih baik lagi, sebagian penonton yang tak setuju dengan hubungan keduanya tak habis pikir mengapa Na-bi begitu bodoh dan dibutakan cinta dengan memilih Jae-eon dibanding Do-hyeok.

2. The Heirs (2013)

Drama Korea yang Karakter Utama Perempuannya Bikin Penonton Emosi

Foto: SBS

Drama Korea legendaris ini membuat nama Park Shin-hye sebagai pemeran utama perempuannya melejit ke posisi papan atas aktris Korea Selatan. Namun sebagian penonton juga sebal melihat karakter Cha Eun-sang yang diperankannya.

Betapa tidak? Eun-sang selalu tampil mellow dan hanya bisa menangis setiap kali masalah menimpanya. Ekspresi Park Shin-hye yang selalu sama saat sedih juga membuat penonton gemas.

Deskripsi karakter Eun-sang juga dianggap membosankan, yaitu anak dari keluarga miskin yang masuk ke sekolah orang kaya raya, lalu terlibat cinta segitiga dengan dua pria paling populer di sekolah. Meski resep klise ini memang disukai para penonton drama melankolis, tapi tetap saja sebagian penonton sebal dengan tindak-tanduk Eun-sang.

Banyak pula yang menganggap karakter membosankan Eun-sang membuatnya tenggelam di antara karakter perempuan pendukung lainnya, misalnya yang diperankan oleh Kim Ji-won dan Krystal Jung.

Baca Juga: 6 Drama Korea dengan Karakter Utama Psikopat, Banyak yang Berkedok Orang Baik

3. High Kick! 2 (2009)

Drama Korea yang Karakter Utama Perempuannya Bikin Penonton Emosi

Foto: MBC

High Kick! 2 adalah drama komedi keluarga, tapi karakter utama perempuannya, yaitu Se-kyung (Shin Se-kyung) dibuat terlalu muram dan sering bersedih. Mood ini sangat berbanding terbalik dengan karakter lainnya dalam cerita ini. Ditambah lagi, akting Shin Se-kyung dianggap tidak cemerlang.

Namun yang membuat penonton murka adalah ending tragis yang mendadak muncul pada ujung cerita, yang melibatkan dua karakter utamanya. Ini jelas bertentangan dengan atmosfer yang dibangun sejak kisah drama ini dimulai.

Belakangan, penonton tahu dari produser serial ini bahwa akhir tragis itu adalah permintaan langsung dari Shin Se-kyung. Tentu saja, ini membuat penonton makin sebal dengan karakter maupun aktris pemerannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2337 seconds (0.1#10.140)