8 Tips Bikin Baper si Introvert, PDKT-mu Pasti Lancar!

8 Tips Bikin Baper si Introvert, PDKT-mu Pasti Lancar!
Melakukan PDKT atau pacaran dengan si introvert butuh strategi agar kamu bisa diterima olehnya dan ia bisa nyaman denganmu. Foto/Maksim Goncharenok, Pexels
JAKARTA - Tak sedikit orang extrovert yang merasa bingung memahami doi-nya yang berkepribadian introvert. Hal ini karena ada beberapa sifat mereka yang bertolak belakang.

Maklum, extrovert memang cenderung mendapat energi melalui bersosialisasi, sedangkan introvert mengumpulkan energi dari dalam dirinya sendiri.

Alhasil, beberapa orang extrovert tak tahu cara mendapatkan hati gebetannya yang introvert. Bahkan, masih banyak yang tak mengetahui hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam PDKT dengan si introvert.

Nah, kalau kamu termasuk orang extrovert yang ingin PDKT ke gebetan atau mau lebih memahami pacarmu yang introvert, simak delapan hal berikut ini supaya pendekatanmu lancar dan antigagal!

1. Jadilah Orang yang Suportif dan Terima Dia Apa Adanya

8 Tips Bikin Baper si Introvert, PDKT-mu Pasti Lancar!

Foto:SHVETS production/Pexels

Kalau kamu masih berpikir untuk mengubah kepribadian doi-mu yang introvert, pemikiran tersebut justru harus kamu buang pertama kali saat ingin mendekati orang dengan tipe ini. Hal ini dikemukaan Dan Neuharth, seorang terapis keluarga dan pernikahan berlisensi.

“Cobalah untuk tak menghakimi atau mengubah orang lain, sebab introvert maupun extrovert adalah kecenderungan sejak lahir. Hargailah hal yang bisa dipelajari dari orang lain,” ujar Dan, mengutip Bustle.

Masih mengutip Bustle, Lisa Olivera yang berprofesi sama seperti Dan menyarankan untuk mencoba memahami yang pasanganmu butuhkan dan melakukan berbagai hal untuk mendukungnya. Misalnya memberinya waktu sendiri, menawarkan dukungan, atau sekadar mengingatkan bahwa kamu ada untuknya.

Lagi pula, semua orang tentu ingin diterima apa adanya tanpa dipaksa berubah, kan?

2. Buatlah Interaksi One by One dan Hindari Dia dari Pusat Perhatian yang Tak Perlu

8 Tips Bikin Baper si Introvert, PDKT-mu Pasti Lancar!

Foto:Katerina Holmes/Pexels

Kalau kamu berpikir butuh “ditemani” beberapa orang saat kencan kalian agar suasana tak canggung, atau bermaksud mengundangnya ke pesta ulang tahunmu, sebaiknya hal ini tak dilakukan saat awal pendekatan.

Sebab, menurut Laney (2002) dalam jurnal berjudul The Introvert advantage: How quiet people can thrive in an extrovert world, introvert cenderung tidak merasa kewalahan saat harus berinteraksi one by one atau dalam kelompok kecil. Perhatikan juga pemilihan tempat yang cukup tenang dan sepi saat berkencan karena hal ini akan membuat introvert merasa lebih nyaman.

Selain itu, menurut psikolog Valeria Sabater dalam tulisannya di laman Exploring Your Mind, memberikan pesta kejutan ulang tahun, menembak di depan umum, membuat konten berbentuk video, atau hal lain yang menyita perhatian orang banyak sebaiknya tak kamu lakukan bila gebetanmu orang introvert.

Ini karena bisa jadi dirinya justru merasa malu dan tak menyukai hal itu. Perbuatan ini juga dapat membuatnya berpikir kalau kamu tak menghormati ruang pribadinya.

3. Rajinlah Bertanya Lebih Dulu dan Buatlah Percakapan yang Bermakna

8 Tips Bikin Baper si Introvert, PDKT-mu Pasti Lancar!

Foto:Nate Johnston/Unsplash

Tidak mudah bagi seorang introvert untuk langsung membagikan pemikiran-pemikiran terdalamnya pada orang yang belum ia kenal baik. Sikap mereka yang cenderung hati-hati memilih topik sebelum membuat percakapan sering kali membuat orang-orang introvert sulit melakukan first move. Karena itulah, ketika kamu menyukai seorang introvert, mau tak mau kamu harus mendekatinya terlebih dulu.

Psikoterapis Karen R. Koenig melansir dari GLAMOUR menyarankan untuk rajin menanyakan kabar orang introvert. Sebab, para introvert diam-diam menghargai ketika kamu meluangkan waktu untuk memerhatikan apa yang mereka komunikasikan padamu.
halaman ke-1
Share: