7 Jenis Depresi yang Umum Terjadi dan Gejalanya

7 Jenis Depresi yang Umum Terjadi dan Gejalanya
Depresi bisa beragam jenisnya dan bisa menimpa siapa saja. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Depresi dalam istilah medis mengacu pada kondisi terjadinya gangguan suasana hati (mood) yang menyebabkan perasaan depresi atau kesedihan yang terus-menerus.

Tak cuma itu, depresi juga sering kali membuat penderitanya kehilangan minat yang mendalam pada hal-hal yang biasanya membuat dirinya senang. Kondisi depresi bukan cuma memengaruhi perasaan, tapi juga cara seseorang berpikir dan berperilaku. Kondisi ini juga bisa sampai membuat seseorang tidak mampu menjalankan aktivitas hariannya.

Ada banyak penyebab seseorang bisa mengalami depresi, dan kadang tidak sepenuhnya bisa diketahui. Meski begitu, ada beberapa jenis depresi yang umum terjadi pada manusia.

Berikut ini tujuh jenis atau tipe depresi yang umumnya ditemui, mengutip dari Verywellmind, yang sudah dikurasi oleh psikiater bersertifikat Steven Gans, yang juga seorang mentor di Massachusetts General Hospital.

1. Major Depressive Disorder (MDD)

7 Jenis Depresi yang Umum Terjadi dan Gejalanya

Foto: Shutterstock

Saat seseorang menyebut "depresi secara klinis", maka maksudnya adalah Major Depressive Disorder (MDD). Ciri-ciri dari jenis depresi MDD adalah mood yang sangat menurun, kehilangan semangat menjalani aktivitas yang biasanya disukai, perubahan berat badan, dan gangguan tidur.

Selain itu, gejala lainnya adalah rasa lelah yang berlebihan, perasaan tidak berguna dan bersalah, sulit berkonsentrasi, juga keinginan untuk bunuh diri atau memikirkan kematian. Jika gejala ini dirasakan lebih lama dari dua minggu, umumnya orang tersebut akan didiagnosis menderita MDD.

2. Persistent Depressive Disorder (PDD)

7 Jenis Depresi yang Umum Terjadi dan Gejalanya

Foto: Getty Images
halaman ke-1
Share: