9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Selasa, 02 Agustus 2022 - 20:40 WIB
loading...
9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif
Sejumlah anime dengan terang-terangan mengangkat masalah mental dalam cerita mereka yang menormalkan isu kesehatan mental yang belakangan jadi bahan diskusi. (Foto: SportsKeeda)
A A A
Sejumlah anime dengan terang-terangan mengangkat masalah mental dalam cerita mereka. Bukan untuk mengejek, tapi serial-serial ini dengan sangat baik menggambarkan kalau kerapuhan adalah bagian dari karakter yang disajikan. Banyak anime yang menampilkan protagonis dengan kondisi mental yang tidak stabil akibat trauma dan lain sebagainya.

Sejumlah anime bahkan tidak segan memperlihatkan betapa rapuhnya kesehatan mental seseorang, meskipun dia dikenal sangat kuat di serial itu. Ini terutama muncul di anime yang sudah agak lama. Tapi, sejumlah anime generasi baru pun juga mulai merangkul kesehatan mental ini dalam cerita mereka.

Dari anime-anime ini, orang akan belajar banyak tentang kondisi mental seseorang. Bahwa, kekuatan besar di dalam diri seseorang itu tidak punya dampak apa-apa ketika mereka secara emosional pun terganggu. Seorang pahlawan tidak diharamkan untuk menangis karena dia masih seorang manusia yang punya perasaan. Apa saja anime yang mengangkat masalah mental ini dengan cara positif? Mengutip SportsKeeda, berikut ulasannya!



9. Bungou Stray Dogs

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Serial ini memang gelap dan suram. Meski terlihat seperti shounen, ini adalah seinen. Di dalamnya, terdapat banyak karakter yang mengalami emotional breakdown dan masalah mental lainnya. Protagonisnya, Atsushi Nakajima, mengalami penolakan sosial yang menyebabkannya merasa tak berharga dan tidak bisa menerima dirinya sendiri.

Atsushi mengalami mental breakdown berat ketika menghadapi kenyataan kalau dia adalah manusia harimau yang selama ini diburu orang. Selain itu, dia juga mengalami gangguan emosi saat tahu kalau kepala panti asuhan yang selama ini merundungnya dan membuatnya merasa tidak layak hidup tewas tertabrak truk. Ini menunjukkan bagaimana perlakuan seseorang itu berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang.

Atsushi akhirnya terbuka kepada teman-temannya di Agensi Detektif Bersenjata yang selalu ada untuk mendukungnya. Keterbukaan ini membantu Atsushi untuk pelan-pelan menerima siapa dirinya. Serial ini membuka obrolan tentang pentingnya support system bagi orang-orang yang punya masalah mental.

8. Sword Art Online

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: YouTube

Season satu serial ini punya kaitan dengan kesehatan mental. Meski bukan fokus di serialnya, banya momen mengenai kesehatan mental yang mengemuka terkait konten ceritanya yang membunuh atau dibunuh. Kesehatan mental karakter utamanya, Kirito, juga rusak setelah mengalami perjalanan digital yang dipenuhi dengan membuat teman baru dan kematian tragis mereka.

Kirito bahkan berusaha bunuh diri karena merasa tidak layak mendapatkan kasih sayang dari teman dan keluarganya. Ini menunjukkan kalau perasaan tidak berharga dan keraguan atas diri sendiri bisa punya dampak besar terhadap kondisi mental seseorang. Ini menciptakan obrolan dan penormalan masalah mental dengan cara yang alamiah dan organik.

7. Violet Evergarden

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: YouTube

Serial ini adalah salah satu serial paling emosional di dunia anime. Serial ini mengikuti kisah Violet Evergarden yang berusaha memulai hidup setelah kehilangan dua lengan dan cinta sejatinya setelah perang. Serial ini menyoroti dampak perang terhadap mental dan emosional seseorang.

Suatu malam, setelah dibayangi gambaran kekasih dan usaha perang, dia berusaha bunuh diri setelah mengalami breakdown di mana dia menangis dan berteriak. Adegan ini membantu menormalkan rasa sakit mental dan penderitaan yang dilalui orang ketika menghadapi kematian dan duka atas orang lain. Terutama, bagi orang-orang yang benar-benar mereka cintai.

6. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: FMA Wiki – Fandom

Serial ini dipuji dan dibahas untuk banyak aspek. Tapi, pendekatannya terhadap kesehatan mental sering dikesampingkan. Serial ini punya satu breakdown besar yang cenderung beresonasi dengan penggemar, yaitu dari Mayor Alex Louis Armstrong saat flashback Perang Sipil Ishval.

Momen itu melihat Armstrong merasa bersalah dengan membunuh warga sipil. Ini mencapai titik puncak di mana dia menangis di atas mayat warga Ishval yang tewas. Bagi penonton dengan pengalaman militer, ini adalah adegan yang sangat mentah dan emosional. Ini membantu mengilustrasikan bagaimana menyakitkannya perang bagi mereka yang selamat dari peristiwa ini.

5. Re:ZERO – Starting Life in Another World

9 Anime Ini Mengangkat Mental Breakdown dengan Cara Positif

Foto: YouTube

Serial anime isekai ini mengikuti perjalanan Subaru Natsuki di dunia mitos baru. Dia kemudian menemukan kalau dia bisa kembali hidup lewat Return by Death, sebuah kemampuan yang “memunculkan dia kembali” di titik spesifik setelah dia mati. Sementara ini terdengar luar biasa, Subaru mengalami rasa sakit setiap kematian dan mempertahankan ingatan setiap hidup setelah kembali.

Dia mengalami banyak breakdown selama di serial ini dan semuanya terlalu siginifikan. Sejumlah orang melihatnya benar-benar menyerah setelah melakukan semuanya dan mendapatkan hasil yang sama. Yang lain melihatnya meratapi kematian yang ingin dia cegah. Subaru juga bergelut dengan tindakan bunuh diri untuk peluang memperbaiki kesalahan-kesalahan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2304 seconds (0.1#10.140)