12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

12 Cara Tetap Waras saat Bermain Media Sosial
Terlalu menghabiskan waktu bermain media sosial bisa menimbulkan efek negatif pada diri kita. Foto/Jessica Ticozzelli, Pexels
JAKARTA - Dewasa ini, hampir tidak ada orang yang tak punya media sosial, khususnya para Gen Z. Maklum, media sosial membuat kita semakin mudah terhubung dan membagikan kabar satu sama lain.

Tidak hanya itu, media sosial kini juga jadi salah satu sumber informasi penting, memudahkan pekerjaan dan tugas sekolah, hingga menjadi wadah untuk berdagang.

Namun, terlalu sering bermain media sosial pun ternyata bisa membuat kita stres, insecure, dan anxiety. Nah, sebelum hal itu terjadi, simak 12 cara tetap waras saat bermain media sosial berikut ini.

1. Ingatkan Dirimu Bahwa Dunia Maya Bukanlah Dunia yang Sebenarnya

12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Foto:Roman Odintsov/Pexels

Sebelum mengunggah sesuatu di media sosial, semua orang tentu akan memilah hal yang ingin ia bagikan. Karena itulah, media sosial terbilang subjektif. Sebab yang disebarkan tak menggambarkan kehidupan seseorang seutuhnya. Kita tak pernah tahu apa yang terjadi di balik unggahan tersebut.

2. Mulai dan Akhiri Harimu Tanpa Media Sosial

12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Foto:Andrea Piacquadio/Pexels

Daripada bangun tidur langsung mengecek ponsel, lebih baik kamu memulai harimu dengan melakukan meditasi, membuat catatn (journaling), atau meregangkan tubuh. Begitu juga saat kamu mau tidur, sebaiknya matikan ponsel 30 menit sebelum tidur dan gunakan waktumu untuk membaca atau menikmati minuman yang menenangkan.

3. Abaikan Orang-Orang yang Membawa Pengaruh Negatif
halaman ke-1
Share: