7 Tanda Psikopat, Biasanya Jago Tebar Pesona dan Pintar!

7 Tanda Psikopat, Biasanya Jago Tebar Pesona dan Pintar!
Psikopat biasanya pandai memikat orang lain dalam pertemuan pertama hingga membuat korban tak sadar akan bahaya yang mengintainya. Foto/Wikimedia Commons
JAKARTA - Istilah psikopat sering diidentikkan dengan seorang pembunuh keji berdarah dingin. Namun, seperti apa sebenarnya sosok psikopat dan bagaimana kita bisa mewaspadai kehadirannya?

Istilah psikopat erat kaitannya dengan kepribadian antisosial. Orang dengan kepribadiannya umumnya tidak memiliki emosi dan perasaan. Hal ini ditandai dengan tidak adanya empati dan suka melanggar peraturan.

Meskipun pada awalnya individu ini kelihatannya punya sifat baik, tapi ia bisa berubah menjadi jahat, licik, hingga kejam. Yang mengerikan, karena pada awalnya individu psikopat ini cenderung mudah disukai banyak orang, maka banyak orang lengah.

Mengutip Psychology Today, umumnya psikopat didominasi oleh kaum pria, mereka yang memiliki trauma pada masa kanak kanak, mengalami kekerasan, pelecehan, atau penelantaran. Ketergantungan pada alkohol dan narkotika juga lebih rentan memiliki gangguan kepribadian ini.



Baca Juga: Sering Salah Duga, Ini Bedanya Introver, Asosial, dan Antisosial

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang memiliki kepribadian psikopat, seperti ditulis neuropsikolog forensik dan psikoanalisis Richard Lettieri dalam Psychology Today.

1. PUNYA PESONA LUAR BIASA

7 Tanda Psikopat, Biasanya Jago Tebar Pesona dan Pintar!

Foto: Pexels

Saat bertemu, banyak orang terpikat pada seorang psikopat karena dia memang punya pesona luar biasa. Sekilas, dia akan bercerita sesuatu yang menakjubkan tentang hal-hal yang dekat dengannya, misalnya menceritakan kelebihan pacarnya.
halaman ke-1
Share: