5 Ucapan Suga BTS yang Bikin Hati Nyaman, Anti-Toxic Positivity!

Kamis, 14 Oktober 2021 - 11:17 WIB
loading...
5 Ucapan Suga BTS yang Bikin Hati Nyaman, Anti-Toxic Positivity!
Suga BTS dikenal selalu punya kalimat menenangkan yang realistis, jauh dari kesan toxic positivity. Foto/BigHit Music
A A A
JAKARTA - Suga BTS dikenal sebagai idol yang senang bicara blak-blakan, realistis, termasuk tak ragu mengungkapkan emosi negatif yang dirasakannya kepada publik.

Sejumlah lagu yang diciptakannya dengan eksplisit menggambarkan hal tersebut, misalnya yang paling populer adalah lagu solonya, The Last, yang dinyanyikannya di bawah nama Agust D.

Pengungkapan secara terang-terangan emosi negatif yang dirasakan ini jelas bertolak belakang dengan toxic positivity, istilah yang belakangan populer di kalangan anak muda.

Mengutip Medical News Today, toxic positivity adalah tindakan yang terobsesi pada positive thinking hingga mengabaikan atau menekan emosi negatif yang dirasakan. Orang-orang yang terkena toxic positivity merasa harus selalu bahagia meski mereka sedang sedih.

Mereka juga menganggap bahwa orang yang tak pernah memperlihatkan emosinya sebagai orang yang kuat dibanding mereka yang menunjukkannya.

Sementara mengutip Alodokter, ciri-ciri orang dengan toxic positivity antara lain menyembunyikan perasaan yang sebenarnya, merasa bersalah jika mengungkapkan atau menunjukkan emosinya itu, dan sering membandingkan diri dengan orang lain.

Nah, buat kamu yang sedang sedih dan tak mau terkena racun sifat positif yang berlebihan, kalimat-kalimat yang diucapkan Suga BTS ini bisa kamu resapi.

1. MENYERAH JUGA ADALAH SEBUAH TINDAKAN BERANI

5 Ucapan Suga BTS yang Bikin Hati Nyaman, Anti-Toxic Positivity!

Foto: Weverse Magazine

Dalam siaran Vlive KKUL FM 06.13 pada 25 April 2020, pemilik nama asli Min Yoon-gi ini mendapat curhatan dari ARMY. Sang penggemar menulis bahwa dia akhirnya menyerah dalam mengejar mimpinya.

Suga dengan bijak lalu menjawab, "Aku tidak tahu apa yang sebenarnya kamu alami, tapi aku pikir kamu punya keberanian yang luar biasa. Menyerah itu butuh banyak keberanian. Dan kamu sudah bekerja keras. Fighting!".

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak Suga BTS untuk Bantu Kamu Jalani Masa Muda

2. TIDAK APA-APA TIDAK PUNYA MIMPI, YANG PENTING BAHAGIA

5 Ucapan Suga BTS yang Bikin Hati Nyaman, Anti-Toxic Positivity!

Foto: BigHit Music

Suga dikenal sebagai sosok yang penuh mimpi dan ambisius, tapi dia memahami orang-orang yang mungkin tidak punya mimpi muluk dalam hidupnya. Dalam video BTS New Year's Greeting 2018, Suga menegaskan bahwa sangat mungkin seseorang tak punya cita-cita.

"Tidak apa kalau kamu tidak punya mimpi, yang penting itu kamu bahagia," ujarnya saat itu.

Perkataan ini pun berlanjut dalam lagu Paradise yang dirilis BTS pada Mei 2018. Dalam lagu ini Suga menulis lirik, "Bisa bertahan hidup adalah mimpi kecilku... Untuk sekadar bernapas saja kadang sulit. Mengatakan bahwa, 'Dia hidupnya seperti ini, dia seperti itu', dunia sedang menertawakanku".

Bagian terakhir lirik yang ditulisnya itu menegaskan lagi betapa masyarakat sering membanding-bandingkan orang lain, dan membuat banyak orang tertekan karena hal tersebut.

3. SEKOLAH TIDAK HARUS PUNYA PERINGKAT BAGUS, YANG PENTING KAMU TERUS BELAJAR

5 Ucapan Suga BTS yang Bikin Hati Nyaman, Anti-Toxic Positivity!

Foto: Weverse
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)