3 Cara Melampiaskan Emosi dengan Cara Positif

3 Cara Melampiaskan Emosi dengan Cara Positif
Saat kamu merasakan emosi tertentu sangat penting untuk melampiaskannya agar kamu tetap sehat secara fisik dan mental. Foto/Getty Images
JAKARTA - Menurut riset yang dilakukan oleh tim dari University of Illinois, cara kamu memroses dan mengekspresikan emosimu bisa mengurangi atau meningkatkan kegelisahanmu.

Melansir dari Psychology Today, studi tersebut menyebut bahwa mereka yang menahan perasaannya atau melarang dirinya untuk mengekspresikan perasaannya punya kegelisahan sosial dan kegelisahan secara umum ketimbang mereka yang menghadapi situasi, dan berfokus pada hal-hal positif.

Studi lain menemukan bahwa menahan emosi bisa meningkatkan stres dan menyebabkan penyakit fisik lain seperti hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Banyak orang kesulitan mengekspresikan emosi mereka dengan cara yang positif. Beberapa malah percaya bahwa mereka cuma punya dua pilihan, yaitu mengungkapkan perasaan dan menghadapi orang yang bikin kesal atau menekan perasaan.



Nah, tapi sebenarnya ada banyak cara untuk mengekspresikan emosi kita. Berikut yang perlu kamu simak.

1. MEMBUAT JURNAL/CATATAN

3 Cara Melampiaskan Emosi dengan Cara Positif

Foto:Prophsee Journals/Unsplash



Menuliskan pikiran dan perasaan kamu membuat dirimu bisa memahami perasaan dengan lebih jelas. Menurut peneltian dari tim University of Rochester Medical Center, hal ini bisa mengurangi stres dan membantu kamu mengelola kecemasan.

Kamu bisa menuliskan perasaanmu dan hal-hal yang menurutmu memicu kecemasanmu supaya kamu bisa memahami penyebab stres dengan lebih baik, juga membuat rencana untuk mengelolanya dengan lebih baik.

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk menulis di jurnal, tapi tim dari University of Rochester Medical Center menyarankan beberapa hal. Pertama, tulislah jurnal setiap hari. Tulis apa pun yang kamu rasakan. Jangan khawatir tentang ejaan atau apa yang mungkin dipikirkan orang lain.

Siapkan juga kertas dan pulpen agar dapat sering menulis. Lalu, jaga kerahasiaannya kalau kamu mau, bagikan bagian yang ingin kamu bagikan. Ingat, ini adalah ruang pribadi dan aman untukmu dalam mengekspresikan perasaan. (Baca Juga: Cerita Mereka yang Berhasil Lolos dari Jebakan Hubungan Beracun )

2. BERSYUKUR

3 Cara Melampiaskan Emosi dengan Cara Positif

Foto:Marcos Paulo Prado/Unsplash
halaman ke-1 dari 2
Share: