Psikologi

Kenangan Kita Ternyata Bisa Jadi Gak Nyata! Ini Penyebabnya

Kenangan Kita Ternyata Bisa Jadi Gak Nyata! Ini Penyebabnya
Sebuah kenangan yang kita miliki bisa jadi sebenarnya hanyalah fiksi belaka. Foto/eddows-animator, Freepik
Jakarta - Pernahkah kalian merasa punya kenangan yang sama dengan teman yang baru kamu kenal? Gimana hal itu bisa terjadi?

Pertanyaannya, apa kamu yakin kenangan itu benar-benar terjadi? Daniel Schacter, profesor psikologi dari Universitas Harvard menjelaskannya dalam TedEd.

Studi Pertama

Kenangan Kita Ternyata Bisa Jadi Gak Nyata! Ini Penyebabnya

Foto:bedneyimages/Freepik

Dalam studipada 1990, para partisipan teringat momen tersesat di pusat perbelanjaan saat mereka masih anak-anak. Bahkan beberapa masih ingat kenangan tersebut dengan detail yang jelas. Salah satunya bahkan ingat diselamatkan oleh bapak yang mengenakan kemeja flanel. Nah, ternyata mereka semua gak ada yang benar-benar pernah hilang di mal.



Rupanya, mereka memproduksi kenangan palsu ini ketika psikologyang melakukan studi memberi tahu mereka bahwa mereka pernah tersesat di pusat perbelanjaan. Walaupun mereka gak ingat insiden itu, orang tuanya bilang bahwa itu benar.

Gak cuma pada satu atau dua orang yang berpikir mereka ingat pernah tersesat, seperempat dari semua partisipan berpikir hal yang sama. (Baca Juga:Latih Kemampuan Otakmu dengan Metode ala Sherlock Holmes)

Penemuan ini mungkin terdengar gak bisa dipercaya, tapi benar-benar merefleksikan fenomena yang sangat umum. Terkadang, kenangan kita gak bisa dipercaya. Namun, kita masih belum tahu persis apa penyebab kesalahan ini pada tingkat neurologis.



Penelitian menyoroti beberapa cara paling umum bagaimana ingatan kita menyimpang dari yang sebenarnya terjadi. "Studi mal" menyoroti cara kita bisa memasukkan informasi dari sumber luar, seperti dari orang lain atau berita ke dalam ingatan pribadi kita tanpa sadar. Ini cuma salah satu dari pengaruh pada ingatan kita.
halaman ke-1 dari 4
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Terkait
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss