Kenangan Kita Ternyata Bisa Jadi Gak Nyata! Ini Penyebabnya

Senin, 19 Oktober 2020 - 22:00 WIB
loading...
A A A
Studi Kelima

Kenangan Kita Ternyata Bisa Jadi Gak Nyata! Ini Penyebabnya

Foto:Y_seleznev/Freepik

Dalam studi lain, peneliti membagi partisipan menjadi dua kelompok. Masing-masing grup diberi informasi latar belakang sejarah perang dan meminta mereka untuk menilai kemungkinan masing-masing pihak akan menang. Para peneliti memberikan informasi yang sama pada setiap kelompok, kecuali pada satu kelompok yang benar-benar memenangkan perang.

Secara teori, jawaban kedua kelompok harus serupa, karena kemungkinan masing-masing pihak menang gak dipengaruhi oleh siapa yang sebenarnya menang.

Namun, kelompok yang tahu bagaimana perang berakhir menilai pihak yang menang lebih mungkin untuk menang daripada kelompok yang tidak. Semua kekeliruan memori ini dapat berdampak pada dunia nyata.

Jika interogasi polisi menggunakan pertanyaan yang mengarahkan dengan saksi mata atau tersangka, sugesti ini bisa mengakibatkan identifikasi yang salah atau pengakuan yang tidak bisa dipercaya.

Dalam lingkungan medis, kalau pasien mencari opini kedua dan dokter kedua mengetahui diagnosis pertama, pengetahuan tersebut dapat mempengaruhi kesimpulan mereka. ( )

Ingatan kita bukanlah representasi kuat dari sebuah realitas, tapi persepsi subjektif. Belum tentu ada yang salah dengan itu. Masalah munculsaat kita memperlakukan ingatan sebagai fakta, daripada menerima kebenaran mendasar tentang sifat ingatan kita.

Poppy Fadhilah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @poppyfad
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)