Ini Alasan Kenapa Kita Suka Susah Mengingat Nama Orang Lain

Rabu, 12 Agustus 2020 - 18:11 WIB
loading...
Ini Alasan Kenapa Kita Suka Susah Mengingat Nama Orang Lain
Susah mengingat nama ternyata hal yang wajar dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Apa kamu termasuk orang yang gampang banget lupa nama orang lain padahal baru aja kenalan? Nah, ternyata ada alasannya, nih, secara ilmiah.

Situasi ini ternyata adalah hal yang wajar terjadi, karena memang mengingat nama bukanlah hal yang gampang buat setiap orang. Apalagi kalo udah lama gak ketemu.

Nah, fenomena ini erat kaitannya dengan fungsi otak. Mengutip Hellosehat, otak punya fungsi kompleks, salah satunya adalah untuk mengatur memori.

Pada otak manusia ada bagian khusus yang berperan untuk mengenali wajah, yang disebut fusiform face area.

Bagian otak ini letaknya ada di lobus temporal (bagian belakang telinga). Sementara itu, otak manusia cuma punya bagian yang diperuntukkan untuk mengingat kata-kata, bukan untuk nama.

Nah, nama adalah contoh dari kata khusus, bukan kata-kata yang biasa kita pakai untuk menyusun kalimat. (Baca Juga: Barang-Barang yang Bagus Dijadikan Kado Menurut Ilmu Psikologi)

Kehadiran bagian otak khusus inilah yang bikin kita lebih dominan mengingat wajah dibandingkan nama seseorang.

Hal ini karena saat mengingat nama dan wajah secara bersamaan, otak punya tugas yang berbeda.

Ini Alasan Kenapa Kita Suka Susah Mengingat Nama Orang Lain

Foto: Shutterstock

Saat mengingat wajah, otak akan mendapatkan lebih banyak tugas, seperti melihat, mengenali, mengamati, dan menyimpannya sebagai sebuah memori.

Sementara untuk mengingat sebuah nama, otak cuma diperintahkan untuk mendengar dan menyimpannya, tanpa perlu melibatkan pengamatan.

Bukan cuma itu, dilansir dari Psyblog, sebuah studi mengungkapkan bahwa hal yang gampang untuk diingat oleh seseorang adalah pekerjaaan.

Hal ini dilampirkan dalam bentuk persentase, yaitu pekerjaan (69%), hobi (68%), kota asal (62%), nama depan (31%), dan nama belakang (30%).

Jadi, bisa disimpulkan kalo nama lebih susah diingat dibandingkan pekerjaan, hobi, dan asal kota seseorang.

Seperti yang dikutip dari Bustle, terdapat sejumlah alasan lain yang bikin kita susah untuk mengingat nama seseorang, berikut di antaranya.

1. BUKAN ORANG YANG PENTING

Ini Alasan Kenapa Kita Suka Susah Mengingat Nama Orang Lain

Foto: Getty Images

Dr. Joe Bates, penulis buku “Making Your Brain Hum” menyebutkan bahwa setiap orang yang punya pengaruh atau mampu mengubah hidup kita akan lebih dominan untuk diingat karena pada dasarnya mereka penting buat kita. ( )

2. BELUM CUKUP TIDUR

Ini Alasan Kenapa Kita Suka Susah Mengingat Nama Orang Lain

Foto: pngwave.com

Chris Brantner yang merupakan pendiri SleepZoo.com mengatakan bahwa tidur bukan cuma membantu kita dalam mengatur dan menggabungkan informasi, lalu menyimpannya ke dalam bank memori kita. Akan tetapi juga bisa membantu kita untuk berpikir jernih dan fokus sepanjang hari. Tidur 7-8 jam penting supaya kenangan bisa melakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)