Kenali Sebab, Ciri-Ciri Patah Hati hingga Solusi mengatasinya!

Sabtu, 27 April 2024 - 14:55 WIB
loading...
A A A
Kamu memang sedang sakit dan sedih, tapi menjaga dirimu adalah salah satu cara untuk kamu segera bangkit. Secara psikologis, merawat diri baik fisik maupun spiritual dapat meningkatkan emosi atau energi positif.

Kamu dapat memulai dengan bangun pagi dan berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, dan berdandan. Bahkan dalam beberapa penelitian, merias diri salah satu terapi yang dapat diterapkan saat kamu stres.

2. Hargai Kenangan Indah

Setelah kehilangan, mungkin kita merasa dunia ini berakhir dan tidak ada hari baik setelahnya. Padahal, kamu dapat mulai membuka mata bahwa masih banyak hal dan orang baik di sekelilingmu.

Cobalah untuk membuat harimu lebih indah dengan menikmati hal-hal kecil yang membuatmu bahagia, seperti makan es krim, bermain bersama teman, atau bahkan berbelanja.

3. Lakukan Evaluasi Kembali tentang Kebutuhanmu

Saat merasa sedih, kita terkadang lupahalyang sebenarnya kita butuhkan. Dengan memiliki waktu sendiri, kamu dapat mengevaluasi hal yang membuatmu bahagia. Hal yang sebenarnya kamu butuhkan, dan kamu akan sadar bahwa semua akan baik-baik saja.

4. Coba Lagi saat Kamu Sudah Siap

Kehilangan memang hal yang menyakitkan, bahkan dapat menjadi trauma bagi beberapa orang. Misalnya kamu jadi takut bertemu orang, takut melakukan hal yang dulu pernah kamu lakukan, atau bahkan takut mempercayaI orang lagi.

Padahal tidak selalu begitu. Kamu dapat secara perlahan mulai menemui orang tanpa menghakiminya terlebih dahulu. Kamu akan sadar bahwa masih banyak orang baik.

5. Coba untuk Memaafkan

Memaafkan seseorang yang telah menyakitimu memang sulit, tapi coba mulai untuk memaafkan dirimu sendiri. Bahwa apa yang orang lain lakukan adalah bukan salahmu.

Setelah kamu memaafkan dirimu, coba untuk memaafkan orang lain, karena memaafkan akan memberikan kamu kedamaian.

Yang Dilarang Dilakukan:


1. Jangan Biarkan Emosimu Berkuasa

Otak memang cenderung mengingat hal yang menyakitkan, tapi sebenarnya kamu dapat mengontrol emosimu. Jangan biarkan emosi buruk terus menghantui hari-harimu. Cobalah untuk memulai kegiatan baru, terutama berolahraga bisa membuang emosi negatif.

2. Jangan Terjebak pada Masa Lalu

Masa lalu setiap orang berbeda-beda, ada yang menyenangkan dan menyedihkan. Jangan terlalu larut pada masa lalu hingga kamu tidak dapat menikmati masa sekarang dan lupa mempersiapkan masa depan.

3. Jangan Menyangkal

Dalam bahasa anakGen Z, “stop denial!” dan itu benar adanya. Berhenti untuk berandai-andai karena kamu hanya akan terjebak dalam imajinasimu sendiri. Ketika kamu menyadari itu hanyalah semu, kamu akan lebih sakit lagi. Jadi coba untuk menerima keadaan.

4. Jangan Mengulang Kesalahan yang sama dan Rebound

Jangan mengulangi kesalahan yang sama. Dalam hal asmara, jangan melakukan rebound ataulangsung berpacaran lagi saat luka patah hati belum sembuh, karena ini justru bisa membuat kamu mengalami kekecewaan yang lebih dalam.

Mungkin sulit untuk membebaskan diri dari cara berpikir dan berperilaku lama, bahkan jika kamu tahu itu tidak membantu.



Tidak ada patah hati yang menyenangkan dan mudah, karena emosi yang menyakitkan membutuhkan waktunya sendiri. Kata-kata klise memang mudah diucapkan, tapi tetap yang merasakan yang lebih mengerti.

Segala proses patah hati membutuhkan waktu. Ketika kamu melalui masa-masa sulit ini, ingatlah bahwa semua ini akan berlalu, dan dirimu akan baik-baik saja.

Cobalah untuk menerapkan beberapa solusi di atas, dan semoga kamu segera bangkit dari patah hati.

Ananda Mardhotillah
Kontributor Gensindo
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @anandamrd
Linkedin: ananda mardhotillah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)