Psikologi

Makin Suntuk karena Pandemi Gak Kunjung Selesai? Nih, Solusi yang Bisa Kamu Coba

Makin Suntuk karena Pandemi Gak Kunjung Selesai? Nih, Solusi yang Bisa Kamu Coba
Pandemi yang berkepanjangan bisa aja menuntun pelan-pelan ke rasa stres dan depresi karena kondisi yang tak pasti. Foto/
Jakarta - Apa kamu tahu bahwa kesehatan mental anak muda generasi Z (usia 18-25 tahun) dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan selama pandemi Covid-19?

Saat ini, tingkat depresi mereka (atau mungkin kamu?) empat kali lebih tinggi ketimbang kelompok usia lainnya. Hal ini disampaikan Susan Rossell dalam sebuah penelitian yang diinisiasi Swinburne University, Australia pada April-Juni 2020.

Mengapa bisa begitu? Bukannya dengan di rumah aja, kita justru punya banyak waktu untuk istirahat? Ternyata, gak begitu cara kerjanya.

Pandemi mengubah sistematika kerja banyak sektor, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan interaksi sosial. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk mahasisa terpaksa dilakukan.



Begitu juga aktivitas ekonomi di perusahaan. Hal itu memengaruhi berkurangnya jumlah pemasukan perusahaan ketimbang di hari-hari biasa.

Makin Suntuk karena Pandemi Gak Kunjung Selesai? Nih, Solusi yang Bisa Kamu Coba

Foto:SbytovaMN/IPTC Photo Metadata

Akibatnya, banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja pada karyawannya, serta gak bisa lagi menerima karyawan baru. Nah, di sinilah letak masalahnya.



Mahasiswa sebagai kelompok yang berada di masa transisi, artinya harus banyak mengambil keputusan hidup baru. Otomatis jadi salah satu pihak yang amat terpengaruh dari kondisi ini. Kelulusan mereka terhambat. Banyak pula lulusan baru yang belum mendapat pekerjaan sampai sekarang.
halaman ke-1 dari 4
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss