Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu
Tipe diet berbagai macam, dan kalau kamu mau praktikkan, harus memilih sesuai kondisi tubuh kamu. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Diet jadi pilihan banyak orang untuk tetap menjaga bentuk tubuh. Namun, banyak orang yang baru mengenal sebatas diet karbo dan diet olahraga aja.

Padahal banyak banget tipe-tipe diet yang harus diketahui. Melansir dari diethive.com, diet sesungguhnya harus didasarkan pada situasi medis dan tujuan kita, bukan cuma untuk sekadar tren terkini.

Nah, di bawah ini adalah tipe-tipe diet berdasarkan teori gizi dan pendekatan nutrisi.

DIET BERDASARKAN TEORI GIZI

1. DIET RENDAH LEMAK

Diet tipe ini sangat popular di kalangan masyarakat. Diet rendah lemak didasarkan pada pemilihan makanan yang rendah lemak total, rendah lemak jahat, dan rendah kolesterol. Meskipun begitu, tetap disarankan untuk mengonsumsi 20-30 gram serat per hati, melalui biji-bijian seperti gandum, dan makan banyak buah-buahan dan sayuran.

Banyak orang cenderung cuma mengganti versi rendah lemak seperti junk food, tapi mengonsumsi banyak gula dan lemak lainnya yang mengalahkan efektivitas dari pembatasan lemak. Nah, yang kayak begini jadinya bikin diet gakberhasil. Diet ini akan berhasil kalau kamu melakukan pola makan yang cerdas dengan bahan-bahan yang sehat. (Baca Juga: Kebiasaan-kebiasaan yang Dianggap Sehat ini Ternyata Buruk buat Kesehatan! )

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Getty Images

2. DIET KETOGENIK

Diet ini kebalikan dari diet rendah lemak, yaitu diet rendah karbohidrat. Ketogenik sengaja dibuat tinggi lemak dengan maksud mengganti karbohidrat dengan lemak yang membuat asupan karbohidrat sangat rendah, gak lebih dari 25 gram per hari. Jadi tubuh akan masuk ke keadaan metabolisme yang disebut ketosis.
halaman ke-1
Share: