kesehatan

Pakai Masker Kelamaan Bikin Muka Banyak Bakteri, Ini Cara Mengatasinya

Pakai Masker Kelamaan Bikin Muka Banyak Bakteri, Ini Cara Mengatasinya
Supaya muka gak penuh bakteri, kita mesti pandai memilih bahan masker yang cocok untuk kita. Foto/Johnny Was, lamag.com
Washington DC - Pakai masker jadi cara terampuh supaya kita gak terkena COVID-19. Tapi, pakai masker terlalu lama juga bisa mempercepat pertumbuhan bakteri di wajah.

Kalau udah begitu, muka kita jadi gampang iritasi dan akhirnya timbul jerawat. Kondisi ini dikenal dengan istilah maskne.

Dikutip dari washingtonpost.com, Dendy Engelman, seorang ahli bedah kulit di New York mengatakan hampir semua jenis kulit bakal mengalami iritasi karena memakai masker dalam waktu lama setiap hari.

Faktor bahan masker yang dipakai dan sensitivitas kulit memengaruhi seberapa parah iritasi yang ditimbulkan ke kulit wajah kita.



Ketika kita bernapas atau berbicara dengan keadaan masker terpasang, udara yang dihembuskan mulut kita akan terperangkap di dalam masker. Hal ini akan meningkatkan kelembapan dan mengubah pH alami kulit. (Baca Juga:Susah Ngobrol saat Pakai Masker? Coba Bikin Masker Canggih Ini)

Kondisi ini pun bisa mempercepat pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan menyebabkan jerawat, folikel rambut yang meradang, dan peningkatan jerawat rosacea. Kulit wajah yang sensitif juga bikin kita gampang kena iritasi karena tekanan dan gesekan masker.

Nah, untuk menghindari iritasi kulit karena memakai masker, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.



1. MEMILIH BAHAN MASKER YANG COCOK
halaman ke-1 dari 3
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss