Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:34 WIB
loading...
Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu
Tipe diet berbagai macam, dan kalau kamu mau praktikkan, harus memilih sesuai kondisi tubuh kamu. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Diet jadi pilihan banyak orang untuk tetap menjaga bentuk tubuh. Namun, banyak orang yang baru mengenal sebatas diet karbo dan diet olahraga aja.

Padahal banyak banget tipe-tipe diet yang harus diketahui. Melansir dari diethive.com, diet sesungguhnya harus didasarkan pada situasi medis dan tujuan kita, bukan cuma untuk sekadar tren terkini.

Nah, di bawah ini adalah tipe-tipe diet berdasarkan teori gizi dan pendekatan nutrisi.

DIET BERDASARKAN TEORI GIZI

1. DIET RENDAH LEMAK

Diet tipe ini sangat popular di kalangan masyarakat. Diet rendah lemak didasarkan pada pemilihan makanan yang rendah lemak total, rendah lemak jahat, dan rendah kolesterol. Meskipun begitu, tetap disarankan untuk mengonsumsi 20-30 gram serat per hati, melalui biji-bijian seperti gandum, dan makan banyak buah-buahan dan sayuran.

Banyak orang cenderung cuma mengganti versi rendah lemak seperti junk food, tapi mengonsumsi banyak gula dan lemak lainnya yang mengalahkan efektivitas dari pembatasan lemak. Nah, yang kayak begini jadinya bikin diet gakberhasil. Diet ini akan berhasil kalau kamu melakukan pola makan yang cerdas dengan bahan-bahan yang sehat. ( )

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Getty Images

2. DIET KETOGENIK

Diet ini kebalikan dari diet rendah lemak, yaitu diet rendah karbohidrat. Ketogenik sengaja dibuat tinggi lemak dengan maksud mengganti karbohidrat dengan lemak yang membuat asupan karbohidrat sangat rendah, gak lebih dari 25 gram per hari. Jadi tubuh akan masuk ke keadaan metabolisme yang disebut ketosis.

Diet ini banyak mengonsumsi daging, ikan, telur, keju, dan lemak alami, tapi mengurangi atau gak makan roti, buah, minuman manis, dan fast food. Diet ini bukan cuma untuk nurunin berat badan, tapi juga bisa untuk mengontrol gula darah dan trigliserida.

3. DIET ATKINS

Diet tipe ini udah ada sejak 1970. Atkins mirip dengan ketogenik, tapi tipe ini dibolehkan makan lebih banyak protein dan secara bertahap bisa meningkatkan asupan karbohidrat dari waktu ke waktu.

Atkins dirancang dalam empat fase. Awalnya tubuh akan dimasukkan ke dalam kategori ketosis yang bisa bikin berat badan kita turun. Atkins menjadi program pemeliharaan tubuh dan keluar dari kategori ketosis dengan menambah kembali asupan karbohidrat dari waktu ke waktu.

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Shutterstock

4. DIET SOUTH BEACH

Diet ini membatasi lemak jenuh, tapi masih boleh makan biji-bijian dan buah-buahan yang mengandung karbohidrat baik. Rencana makan ini menekankan protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran yang gak mengandung zat tepung. ( )

Karbohidrat yang disebut buruk diukur dengan indeks glikemik (GI). Makanan dengan GI tinggi bisa meningkatkan gula darah lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih lama dari makanan yang rendah GI. Hal ini bisa meningkatkan nafsu makan, penambahan berat badan, diabetes, dan penyakit jantung. Diet South Beach emang gak sepopuler dulu, tapi tetap berhasil untuk orang yang mau menurunkan berat badan lalu mempertahankannya.

5. DIET MEDITERANIA

Gak semua pola makan yang bernutrisi sehat didasarkan pada teori ilmiah. Diet ini didasarkan pada makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang di negara seperti Yunani dan Italia, yang pada abad 20 rata-rata gak pernah punya masalah berat badan atau penyakit gaya hidup.

Diet mediterania mengajak kita mengonsumsi ikan dan makanan laut, sayuran dan beberapa buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, juga minyak zaitun. Daging bisa dikonsumsi sesekali, minum harus air, teh, dan kopi tanpa pemanis, atau anggur merah. Ini adalah tipe diet sangat sehat yang mengarah kepada penurunan berat badan secara bertahap dan kesehatan secara keseluruhan.

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Shutterstock

6. DIET GOLONGAN DARAH

Memang gak ada bukti medis yang membuktikan validitas diet golongan darah, tapi diet ini popular sejak 1990. Golongan darah dianggap punya sifat genetik yang diturunkan dari nenek moyang. Tipe A harus punya pola makan nabati tanpa daging merah. Kemudian tipe B bisa makan keseluruhan kecuali ayam, babi, gandum, dan tomat.

Tipe AB harus menghindari daging sapi, ayam, kacang merah, dan jagung, tapi tetap bisa mengonsumsi seafood, tahu, biji-bijian, dan produk susu. Terakhir tipe O harus mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi terbatas pada biji-bijian dan susu. Setiap golongan darah menjelaskan pola makan yang berbeda, tapi sehat, jadi mungkin gak akan membahayakan.

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Shutterstock

DIET BERDASARKAN PENDEKATAN NUTRISI

1. DIET DASH

Diet ini adalah diet yang dirancang untuk melawan tekanan darah tinggi. DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Diet ini menekankan pada konsumsi daging dan protein tanpa lemak dengan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian, juga menghindari lemak seperi soda dan makanan penutup yang cenderung manis. Diet ini dipromosikan oleh National Heart, Lung and Blood Institute.

2. DIET MND

Diet ini gak bertujuan untuk menurunkan berat badang cepat. Diet ini lebih dirancang untuk penurunan risiko penurunan mental dan mungkin menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Perpaduan antara Mediterranean dan DASH diet ini banyak mengonsumsi makanan sehat yang bermanfaat bagi otak, seperti sayuran berdaun hijau dan sayuran lainnya, beri, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan segelas anggur setiap hari.

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Shutterstock

3. DIET AMERICAN HEART ASSOCIATION

Rekomendasi diet ini dibuat masuk akal untuk diikuti. Diet ini menekankan kepada campuran makanan bergizi dari seluruh kelompok makanan yang dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup yang sehat terutama olahraga yang merupakan cara terbaik untuk mengontrol berat badan, tekanan darah dan kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung.

Rekomendasi makanan ini mirip seperti MND diet. Diet ini juga membatasi lemak trans dan jenuh, daging merah, gula, garam, permen dan minuman manis. ( )

4. DIET MAYO CLINIC

Diet tipe seperti ini biasanya dilakukan oleh mereka yang mau menurunkan berat badan dengan cepat. Diet ini memberikan ukuran piramida makanan dan mencantumkan 15 kebiasaan makan yang harus dikembangkan, seperti sarapan yang sehat dan gunakan lemak sehat seperti minyak zaitun.

Juga jangan makan camilan yang gak sehat dan terlalu banyak daging. Rencana makan dirancang supaya sesuai dengan batasan kalori sesuai dengan jenis kelamin dan berat badan.

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Shutterstock

5. DIET JENNY CRAIG

Diet tipe ini memakai biaya tertentu seperti keanggotaan bulanan, akses mingguan ke konsultan, dan makanan yang dirancang oleh ahli diet yang tinggal dipanaskan di rumah. Makanannya agak mahal, tapi gak buruk.

Tujuannya adalah untuk mengajari yang seharusnya dimakan, sehingga nantinya kita bisa berhenti membayar dan menyiapkan makanan untuk makan diet yang sehat.

Banyak dokter yang menyarankan menggunakan akal sehat untuk diet, bukan yang sampai gak makan dan membuat kita sakit. Jadi kalau mau diet, jangan sampai diet yang ekstrem, ya, dan sesuaikan dengan kondisi tubuh!

Ni Ketut Candra Puspita
Kontributor GenSINDO
Indonesia International Institute for Life-Sciences
Instagram: @nkcandrapuspita
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2936 seconds (0.1#10.140)