kesehatan

PMI Ulang Tahun, Simak Fakta Unik tentang Donor Darah

PMI Ulang Tahun, Simak Fakta Unik tentang Donor Darah
Jadi pendonor darah bisa memberi kita banyak manfaat, dari kesehatan fisik sampai mental. Foto/istockphoto
Jakarta - Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) butuh perjuangan, hingga akhirnya resmi didirikan pada 3 September 1945.

Inisiator pembentukannya adalah Dr. RCL Senduk dan Dr Bahder Djohan. Mereka mencanangkan pembentukan badan tersebut pada 1932 dan 1940.

Sempat berkali-kali ditolak, akhirnya setelah kemerdekaan RI, Presiden Soekarno mengeluarkan perintah tentang pembentukan Badan Palang Merah Indonesia kepada Dr Buntaran yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan RI.

Penyaluran transfusi darah jadi salah satu fungsi besar PMI. Keberadaan unit ini berhasil menolong ribuan, bahkan jutaan orang yang membutuhkan darah.



Bukan cuma bermanfaat untuk menolong mereka yang membutuhkan, donor darah juga punya banyak manfaat bagi pendonornya. Berikut fakta-fakta menarik soal donor darah. (Baca Juga:

1. BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN PENDONOR

PMI Ulang Tahun, Simak Fakta Unik tentang Donor Darah

Foto: Freepik



Melakukan donor darah bisa membantu memperlancar aliran darah. Selain itu bisa juga menurunkan risiko terkena serangan jantung dan penyakit lainnya seperti kanker dan stroke. (Baca Juga:Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?)
halaman ke-1 dari 3
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss