Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:34 WIB
loading...
A A A
Diet mediterania mengajak kita mengonsumsi ikan dan makanan laut, sayuran dan beberapa buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, juga minyak zaitun. Daging bisa dikonsumsi sesekali, minum harus air, teh, dan kopi tanpa pemanis, atau anggur merah. Ini adalah tipe diet sangat sehat yang mengarah kepada penurunan berat badan secara bertahap dan kesehatan secara keseluruhan.

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Shutterstock

6. DIET GOLONGAN DARAH

Memang gak ada bukti medis yang membuktikan validitas diet golongan darah, tapi diet ini popular sejak 1990. Golongan darah dianggap punya sifat genetik yang diturunkan dari nenek moyang. Tipe A harus punya pola makan nabati tanpa daging merah. Kemudian tipe B bisa makan keseluruhan kecuali ayam, babi, gandum, dan tomat.

Tipe AB harus menghindari daging sapi, ayam, kacang merah, dan jagung, tapi tetap bisa mengonsumsi seafood, tahu, biji-bijian, dan produk susu. Terakhir tipe O harus mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi terbatas pada biji-bijian dan susu. Setiap golongan darah menjelaskan pola makan yang berbeda, tapi sehat, jadi mungkin gak akan membahayakan.

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Shutterstock

DIET BERDASARKAN PENDEKATAN NUTRISI

1. DIET DASH

Diet ini adalah diet yang dirancang untuk melawan tekanan darah tinggi. DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Diet ini menekankan pada konsumsi daging dan protein tanpa lemak dengan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian, juga menghindari lemak seperi soda dan makanan penutup yang cenderung manis. Diet ini dipromosikan oleh National Heart, Lung and Blood Institute.

2. DIET MND

Diet ini gak bertujuan untuk menurunkan berat badang cepat. Diet ini lebih dirancang untuk penurunan risiko penurunan mental dan mungkin menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Perpaduan antara Mediterranean dan DASH diet ini banyak mengonsumsi makanan sehat yang bermanfaat bagi otak, seperti sayuran berdaun hijau dan sayuran lainnya, beri, ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan segelas anggur setiap hari.

Ini 11 Jenis Diet, Cek Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Foto: Shutterstock

3. DIET AMERICAN HEART ASSOCIATION

Rekomendasi diet ini dibuat masuk akal untuk diikuti. Diet ini menekankan kepada campuran makanan bergizi dari seluruh kelompok makanan yang dikombinasikan dengan perubahan gaya hidup yang sehat terutama olahraga yang merupakan cara terbaik untuk mengontrol berat badan, tekanan darah dan kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung.

Rekomendasi makanan ini mirip seperti MND diet. Diet ini juga membatasi lemak trans dan jenuh, daging merah, gula, garam, permen dan minuman manis. ( )

4. DIET MAYO CLINIC

Diet tipe seperti ini biasanya dilakukan oleh mereka yang mau menurunkan berat badan dengan cepat. Diet ini memberikan ukuran piramida makanan dan mencantumkan 15 kebiasaan makan yang harus dikembangkan, seperti sarapan yang sehat dan gunakan lemak sehat seperti minyak zaitun.

Juga jangan makan camilan yang gak sehat dan terlalu banyak daging. Rencana makan dirancang supaya sesuai dengan batasan kalori sesuai dengan jenis kelamin dan berat badan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)