Kebiasaan-kebiasaan yang Dianggap Sehat ini Ternyata Buruk buat Kesehatan!

Kebiasaan-kebiasaan yang Dianggap Sehat ini Ternyata Buruk buat Kesehatan!
Banyak mitos kebiasaan baik yang kita terima, yang nyatanya malah buruk buat kesehatan kita. Foto/needpix.com
JAKARTA - Kebiasaan-kebiasaan kecil ini disarankan secara turun-temurun dari keluarga atau teman kita, yang ternyata salah.

Bermodal percaya tanpa mencari tahu lebih lanjut, akhirnya kita pun melakukan hal tersebut dan akhirnya menjadi kebiasaan.

Nah, Apa aja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Yuk, cek di bawah ini. (Baca Juga: Beragam Menu Daging Tiruan dari Bahan Nabati, Tertarik Coba? )

1. BANYAK MINUM AIR

Kebiasaan-kebiasaan yang Dianggap Sehat ini Ternyata Buruk buat Kesehatan!

Foto: Shutterstock

Pasti kita gak asing dengan kalimat ini. Air memang superpenting untuk tubuh kita, tapi kalau dikonsumsi secara berlebihan justru malah berbahaya. Mengutip dari artikel Style Craze yang dikurasi Madhu Sharma, ahli nutrisi dan fitness bersertifikasi ISSA, kebanyakan minum bisa menyebabkan intoksikasi air atau overhydration. Kondisi ini bisa mengancam jiwa karena ketidakseimbangan elektrolit atau konsentrasi natrium yang rendah dalam darah (kurang dari 135 mEq/L).

Sementara beberapa efek samping terlalu banyak minum air adalah hiponatremia, sel membengkak, diare, mempengaruhi otak, membebani jantung, membebani ginjal, masalah hati, overdosis klorin, dan bahkan bisa bikin koma! Di antara tanda-tanda kamu terlalu banyak minum air adalah gak haus tapi selalu minum air, mual, dan muntah.

2. GAK MAKAN KARBOHIDRAT SAMA SEKALI

Kebiasaan-kebiasaan yang Dianggap Sehat ini Ternyata Buruk buat Kesehatan!

Foto: Jamie Grill/Getty Images/JGI

Siapa, nih, yang diet tapi gak makan karbohidrat sama sekali? Hal ini tentu gak baik karena bisa bikin banyak hal buruk terjadi pada badan kita, seperti lemas dan pencernaan gak lancar.

Dietary Guidelines for Americans menyarankan untuk makan 45% hingga 65% total kalori harian dari karbohidrat. Nah, jadi bukan gak makan sama sekali ya, tapi cuma dikurangi. (Baca Juga: Pakai Masker Kelamaan Bikin Muka Banyak Bakteri, Ini Cara Mengatasinya )

3. SELALU SIKAT GIGI SEHABIS MAKAN

Kebiasaan-kebiasaan yang Dianggap Sehat ini Ternyata Buruk buat Kesehatan!

Foto: Getty Images/Blend Images

The American Dental Association memberi rekomendasi untuk sikat gigi dua kali sehari selama dua menit. Namun, banyak dari kita malah rajin sikat gigi setelah habis makan dengan alasan supaya gigi tetap bersih dan glowing.

Klinik Premiere Dental Arts juga menyebutkan bahwa sikat gigi lebih dari 3 kali selama lebih dari 2 menit per hari kadang-kadang bisa bikin gigi dan gusi rusak. Menyikat berlebihan pada gigi juga merusak pelindung enamel gigi, dan bikin gigi jadi sensitif dan rentan berlubang.

4. MINUM SUPLEMEN

Kebiasaan-kebiasaan yang Dianggap Sehat ini Ternyata Buruk buat Kesehatan!

Foto:Katarzyna Bialasiewicz/Getty Images/iStockphoto

Banyak orang yang pengen hidup sehat lalu minum atau makan suplemen. Kenyataannya, walau emang punya banyak manfaat, produk suplemen bisa bikin kita terkena beberapa dampak negatif.

Berdasarkan Harvard Health Publishing, banyak kasus yang terjadi gara-gara suplemen yang mengandung bahan aktif yang bisa menyebabkan efek seperti tekanan darah tinggi, jantung berdetak kencang atau gak teratur, sakit kepala, pusing, atau gejala pencernaan. (Baca Juga: Berani Coba? Ini 5 Menu Sarapan Teraneh di Dunia )

Nah, kalau mau mengonsumsi vitamin, suplemen, atau produk herbal, jangan lupa untuk selalu baca label keamanan yang disertakan pada kemasannya. Bisa juga dengan meminta tolong kepada apoteker, dokter, atau perawat untuk meninjau suplemen supaya gak menimbulkan efek berbahaya ke badan kita.

Nah, lain kali kamu dapat saran kesehatan yang beredar dari mulut ke mulut, cek dulu kebenarannya, ya. Ingat, literasi itu penting buat menyelamatkan hidup kita.

Ni Ketut Candra Puspita
Kontributor GenSINDO
Indonesia International Institute for Life-Sciences
Instagram: @nkcandrapuspita


(it)
Share: