6 Pesawat Tempur yang Dipakai di Film Top Gun: Maverick

Rabu, 25 Mei 2022 - 07:35 WIB
4. SR-72 Son of Blackbird (atau Darkstar)



SR-72 dirancang sebagai berawak atau tak berawak, ISR hipersonik yang bisa dipakai lagi dan pesawat serang yang mampu terbang dengan kecepatan Mach 6, atau hampir dua kali lipat kecepatan pendahulunya, SR-71 Blackbird. NASA mendanai validasi studi Lockheed sebelumnya yang menemukan bahwa kecepatan hingga Mach 7 dapat dicapai dengan mesin mode ganda yang menggabungkan teknologi turbin dan ramjet. Pesawat yang terlihat eksotis ini akan memperkenalkan platform hipersonik ke semesta Top Gun.

5. P-51 Mustang



Salah satu yang menarik di Top Gun: Maverick adalah penampilan pesawat P-51 Mustang. Pesawat ini memang tampak biasa. Tapi, sesungguhnya, pesawat itu adalah milik Tom Cruise. Mustang itu adalah salah satu jet tempur dan paling terkenal yang dipakai Angkatan Udara AS saat Perang Dunia II.

Punya jangkauan dan kemampuan manuver yang sangat baik, P-51 utamanya beroperasi sebagai pesawat tempur pendamping jarak jauh dan juga sebagai pembom tempur serangan darat. Mustang itu bertugas di hampir setiap zona pertempuran selama Perang Dunia II. Pesawat itu kemudian bertempur di Perang Korea.



6. F-14 Tomcat



Jet tempur F-14 Tomcat kembali muncul di Top Gun: Maverick. Pesawat itu sebelumnya menjadi bintang di film asli Top Gun yang dirilis pada 1986. Militer AS telah memensiunkan pesawat itu pada 2006. Karenanya, sekuel film itu memakai jet tempur baru.

Di era kejayaannya, F-14 Tomcat adalah tandingannya jet tempur Sukhoi milik Uni Soviet/Rusia. Dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara jarak jauh AIM-54 Phoenix, F-14 bisa melakukan serangan dalam jarak lebih dari 100 km. Northrop Grumman membuat sayap yang sangat efektif untuk F-14 yang membuatnya bisa beroperasi di kecepatan udara dengan jangkauan luas.

F-14 kali pertama diturunkan untuk bertempur pada Agustus 1981. Saat itu, pesawat tersebut menjatuhkan 2 jet tempur Su-22 milik Libya di atas Teluk Sidra. Pesawat itu telah terlibat di Perang Teluk, Perang Irak, dan Afghanistan. Pesawat terakhir F-14D Super Tomcat dipensiunkan Angkatan Laut AS pada 2006. Pesawat itu kemudian digantikan F/A-18E/F Super Hornet. Tapi, F-14A masih dipakai di Angkatan Udara Iran.
(alv)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More