10 Film Paling Laku di Bioskop selama Masa Pandemi

Minggu, 08 Oktober 2023 - 13:29 WIB
loading...
10 Film Paling Laku di Bioskop selama Masa Pandemi
Selama masa pandemi, banyak orang enggan pergi ke bioskop karena alasan kesehatan dan protokolnya. Tapi, itu tidak berarti kalau tidak ada film laku di bioskop. (Foto: IMDb)
A A A
Pandemi Covid-19 menjadi masa paling berat bagi industri perfilman . Selama kurun waktu 2020—pertengahan 2022, bioskop seperti mati suri. Tempat itu bahkan ditutup selama 2020. Pada 2021, bioskop sudah mulai dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Tapi, di masa itu, sudah terjadi perubahan gaya hidup masyarakat. Orang lebih suka menonton film lewat layanan streaming dan enggan ke bioskop karena banyaknya aturan. Ini membuat industri perfilman terlihat suram. Meski begitu, memasuki 2022, orang sudah mulai membanjiri bioskop.

Sejumlah film memang lebih cocok ditonton di bioskop ketimbang di rumah. Industri ini pun menggeliat lagi, meski masih harus berjuang untuk pulih, sampai saat ini. Pandemi memang membuat film tidak laku di bioskop. Tapi, itu tidak berarti tidak ada film yang mampu meraup pendapatan tinggi. Apa saja film terlaris di bioskop selama pandemi? Simak ulasannya berikut!

*) Daftar ini berisi film yang dirilis pada kurun 2020 sampai pertengahan 2022.



10. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings — 2021

10 Film Paling Laku di Bioskop selama Masa Pandemi

Foto: NBC News

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dianggap menjadi salah satu film paling underrated di Marvel Cinematic Universe (MCU). Dirilis di awal slot Fall, film ini sebenarnya punya segalanya. Cerita, rangkaian aksi, dan sinematografinya punya kelas. Kalau saja film ini dirilis di saat yang tepat, pendapatannya akan lebih tinggi lagi.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings meraup USD432 juta. Ini membuat film itu menjadi film MCU terlaris selama kurun 2020–2021. Film ini juga membuktikan kalau genre superhero masih punya harapan dengan memperkenalkan karakter baru yang memikat penonton.

9. Godzilla vs. Kong — 2021

10 Film Paling Laku di Bioskop selama Masa Pandemi

Foto: Rolling Stone

Godzilla vs. Kong sangat diantipasi karena digadang-gadang memberikan tontonan pertarungan epik antara dua monster ikonis. Dirilis di slot musim panas, penampilan film ini tidaklah terlalu mengecewakan. Hasil USD470 juta di box office sudah cukup baik untuk film itu. Terlebih, saat itu, pandemi sedang pada puncaknya.

Godzilla vs. Kong juga menjadi film Warner Bros. dengan pendapatan tertinggi pada 2021. Sepanjang tahun itu, Warner memang kurang beruntung. Dari sejumlah film yang dirilis, hanya Godzilla vs. Kong yang tampil baik. Sisanya, mengecewakan.

8. Venom: Let There Be Carnage — 2021

10 Film Paling Laku di Bioskop selama Masa Pandemi

Foto: The New York Times

Venom: Let There Be Carnage tidak mendapatkan respons yang baik dari kritikus. Sama seperti film pertamanya. Tapi, penonton menunggu film ini karena iming-iming adegan pascakreditnya yang terkait Spider-Man: No Way Home yang dirilis pada akhir tahun. Hasilnya, sekuel Venom itu meraup USD506,8 juta.

Venom: Let There Be Carnage dikritik karena pace-nya yang terburu-buru dan durasinya yang cukup pendek. Tapi, film ini memberikan gambaran yang lebih dalam atas hubungan Eddie Brock dan Venom. Sony cukup puas dengan hasil itu dan telah merencanakan seri ketiganya.

7. F9: The Fast Saga — 2021

10 Film Paling Laku di Bioskop selama Masa Pandemi

Foto: YouTube

F9: The Fast Saga dirilis di puncak pandemi. Banyak kekhawatiran terhadap penampilan film tersebut. Terlebih, pada awal hingga pertengahan 2021, belum ada film yang mampu meraup lebih dari USD600 juta. Tapi, produser franchise Fast and Furious cukup percaya diri untuk melepas film ini di musim panas tahun itu.

Meski tidak mampu menyamai pendapatan film sebelumnya, The Fate of the Furious, F9 mampu menjadi film terlaris 2021 sampai No Time to Die dirilis menjelang akhir tahun. F9: The Fast Saga meraup USD726 juta. Angka ini sudah cukup memuaskan franchise itu. Terlebih, F9 tampil lebih baik dari Fast X yang dirilis tahun ini.

6. The Batman — 2022

10 Film Paling Laku di Bioskop selama Masa Pandemi

Foto: Vox

The Batman menjadi salah satu film pembuka 2022. Antisipasinya sangat tinggi karena menampilkan Batman baru yang diperankan Robert Pattinson. Selain itu, film itu juga punya pendekatan baru dengan menonjolkan sisi detektif Caped Crusader itu.

Hasilnya memang tidak terlalu mengecewakan. The Batman meraup USD770 juta di box office. Film ini menjadi adaptasi komik DC paling laris selama tiga tahun terakhir. Pendapatan yang diraih The Batman bahkan belum bisa disaingi film lain di franchise itu sampai saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)