Dikira Biasa Saja, 10 Film Sekuel Ini Malah Cuan Gede

Jum'at, 23 Juni 2023 - 20:20 WIB
loading...
Dikira Biasa Saja, 10 Film Sekuel Ini Malah Cuan Gede
Film sekuel sering kali mendapatkan ekspektasi yang tidak tinggi. Tapi, sejumlah sekuel justru tampil lebih baik dan melampaui pencapaian film sebelumnya. (Foto: Pirates of the Caribbean Wiki - Fandom)
A A A
Film sekuel itu gampang-gampang susah. Ketika film pertamanya membangun kesuksesan besar, maka sekuelnya pun diharapkan mencapai keberhasilan yang sama atau lebih besar lagi. Sejumlah sekuel justru berakhir dengan caci maki kritikus dan jeblok di box office.

Tak heran kalau sekuel film tidak mendapatkan ekspektasi tinggi. Biasanya, banyak yang memperkirakan kalau sekuel itu akan tampil seperti film pendahulunya. Meski film itu sangat diantisipasi, tapi pengharapan terhadap sekuel itu tidaklah lebih tinggi dari film sebelumnya.

Namun, sejumlah sekuel justru tampil jauh lebih baik dari yang diperkirakan. Terutama, ketika film sebelumnya tampil biasa saja. Sejumlah sekuel itu baru dirilis, tapi ada juga yang sudah lama. Mereka semua punya hal yang sama, lebih baik dari perkiraan semula. Film sekuel apa saja yang tampil lebih baik dari perkiraan? Mengutip Collider, simak ulasannya berikut!



10. Terminator 2: Judgement Day

Dikira Biasa Saja, 10 Film Sekuel Ini Malah Cuan Gede

Foto: Roger Ebert

Sutradara: James Cameron
Pemeran: 1991
Tahun Rilis: Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton, Robert Patrick, Edward Furlong, dll
Tayang: -
Box Office: USD520 juta

Film pertama Terminator yang dirilis pada 1984 hanya meraup USD78 juta. Sekuelnya keluar tujuh tahun kemudian dan diperkirakan akan tampil seperti pendahulunya. Tapi, ternyata, film itu meraup pendapatan 6x lipat film pertamanya.

Sekuel itu berlatar 11 tahun setelah The Terminator. Saat itu, John Connor menjadi target pembunuhan T-1000 yang berasal dari masa depan. Terminator lain, T-800, dikirim untuk melindungi bocah itu. John dan ibunya akhirnya lari dengan T-800.

9. Despicable Me 2

Dikira Biasa Saja, 10 Film Sekuel Ini Malah Cuan Gede

Foto: USA Today

Sutradara: Chris Renaud dan Pierre Coffin
Pemeran: Steve Carell, Kristen Wiig, Benjamin Bratt, Miranda Cosgrove, Russell Brand, dan Ken Jeong
Tahun Rilis: 2013
Tayang: -
Box Office: USD970 juta

Film Despicable Me pertama tampil baik dengan meraup setengah miliar dolar AS. Angka itu membuat orang mengira kalau sekuelnya akan meraup pendapatan dengan jangkauan yang sama. Tapi, ternyata, film itu malah tampil lebih baik.

Despicable Me 2 mengisahkan tentang Gru yang harus mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya. Di saat dia berjuang dengan tanggung jawabnya sebagai ayah Margo, Agnes, dan Edith, dia dipanggil Liga Anti-Penjahat. Mereka mengirim Gru untuk menangkap pelaku perampokan.

8. The Dark Knight

Dikira Biasa Saja, 10 Film Sekuel Ini Malah Cuan Gede

Foto: Screen Rant

Sutradara: Christopher Nolan
Pemeran: Christian Bale, Michael Caine, Heath Ledger, Gary Oldman, Aaron Eckhart, Maggie Gyllenhaal, dan Morgan Freeman
Tahun Rilis: 2008
Tayang: HBO Go
Box Office: USD1 miliar

Trilogi Batman Christopher Nolan dimulai dengan Batman Begins (2005). Meski film itu dipuji kritikus, film itu hanya meraup USD373 di box office. Makanya, sekuelnya tidak terlalu diharapkan. Tapi, harapan itu salah. The Dark Knight muncul sebagai sekuel yang sukses dan menjadi salah satu film superhero terlaris.

The Dark Knight berkisah tentang Batman yang berhasil mengurangi kejahatan di Gotham City dengan bantuan Lt. Jim Gordon dan Jaksa Wilayah Harvey Dent. Tapi, ketika seorang penjahat muda bernama Joker tiba-tiba mengacaukan kota, Batman pun mulai berjalan di antara kepahlawanan dan vigilante. Batman pun bertemu salah satu lawan paling tangguhnya.

7. Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest

Dikira Biasa Saja, 10 Film Sekuel Ini Malah Cuan Gede

Foto: BBC

Sutradara: Gore Verbinski
Pemeran: Johnny Depp, Orlando Bloom, Keira Knightley, Stellan Skarsgard, Bill Nighy, Jack Davenport, Kevin R. McNally, Jonathan Pryce, dll
Tahun Rilis: 2006
Tayang: Disney+ Hotstar
Box Office: USD1 miliar

Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest adalah film kedua serial ini. Dengan pendahulunya, The Curse of the Black Pearl “hanya” meraup USD650 juta, ekspektasi terhadap sekuel ini tidaklah tinggi. Tapi, Dead Man’s Chest justru menyingkirkan keraguan itu dengan menjadi film paling laris di franchise ini.

Dead Man’s Chest berkisah tentang perompak hantu Davy Jones yang menagih utang kepada Jack Sparrow. Tidak mau membayar, Jack mencari cara agar dikutuk sepanjang masa. Tapi, hantu itu berhasil mengganggu rencana pernikahan dua teman Jack, Will Turner dan Elizabeth Swan, sehingga mau tak mau Jack pun harus turun tangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3003 seconds (0.1#10.140)