Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 
Tom Cruise ditahbiskan sebagai aktor dengan gaji tertinggi di dunia untuk satu film. Aktor gaek itu meraup USD100 juta untuk tampil di film Top Gun: Maverick. (Foto: IGN)
Tom Cruise baru saja ditahbiskan sebagai aktor dengan gaji tertinggi di dunia untuk satu film menurut daftar Variety. Lewat film terakhirnya, Top Gun: Maverick, Tom dilaporkan meraup ratusan juta dolar. Angka itu diperkirakan akan bertambah karena hitungan seluruh pemasukan belum sepenuhnya total.

Tom bisa dibilang adalah fenomena lain. Dia bisa bertahan dengan membuat film blockbuster yang berhasil di box office di tengah gempuran film franchise superhero. Harus diakui, franchise superhero belakangan ini memang terlihat sangat menguasai box office. Jadi, melihat sebuah film nonsuperhero bisa meraup keuntungan sebesar itu tentu menjadi sebuah kejutan tersendiri.

Orang dalam lingkaran industri film mengatakan, mereka tidak akan pernah meragukan kemampuan Tom. Mereka juga menyebut kalau Tom dan Dwayne Johnson—yang juga masuk daftar aktor bergaji tertinggi ini—layak mendapatkan gaji mereka. Ini dinilai berdasarkan penampilan kedua aktor yang dikenal sangat total dalam setiap film yang mereka bintangi itu. “Saya tidak akan pernah bertaruh melawan Tom Cruise,” ujar seorang eksekutif studio kepada Variety.

Eksekutif itu menyebut, Tom adalah manusia super ketika harus keliling dunia untuk mempromosikan filmnya. Padahal, Tom tidak melakukan wawancara tertulis. “Sebagian besar aktor tidak layak dengan apa yang kalian bayarkan kepada mereka, tapi Cruise dan mungkin Dwayne Johnson menjustifikasi gaji mereka,” kata eksekutif itu.

“Standar” gaji untuk aktor kelas A di Hollywood adalah USD20 juta atau sekitar Rp300 miliar untuk satu film. “Standar” ini kali pertama dibuat Jim Carrey saat membintangi The Cable Guy pada 1996. Sampai saat ini, angka ini tetap bertahan dan sepertinya kebal dari tekanan inflasi.

Bayaran sebesar USD20 itu adalah gaji pokok yang diterima aktor untuk film yang mereka bintangi. Bergantung kesepakatan, angka ini bisa bertambah dari penjualan tiket, bayaran promosi, atau pendapatan streaming. Siapa saja aktor bergaji tertinggi di dunia untuk satu film versi Variety? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: Lewat Film Top Gun: Maverick, Tom Cruise Bisa Telikung Posisi SRK Sebagai Artis Terkaya Sejagat

10. Joaquin Phoenix — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Joker 2

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Los Angeles Times

Joaquin adalah aktor unik. Dia biasanya tidak mau membintangi sekuel. Namun, kesuksesan Joker membuat Warner Bros. melakukan upaya apa pun untuk membuat Joaquin kembali ber-makeup badut jahat itu. Joaquin menyanggupinya dengan syarat Warner harus membayarnya sebesar USD20 juta.

Angka yang diajukan Joaquin itu sekitar empat kali lipat lebih dari bayaran yang dia terima untuk film pertama Joker yang dirilis pada 2019. Di film yang meraup USD1 miliar dan membuatnya mendapatkan Oscar itu, Joaquin “hanya” dibayar sebesar USD4,5 juta. Tak heran jika dia kemudian meminta bayarannya naik. Beruntung, Warner menyetujuinya.

9. Tom Hardy — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Venom 3

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Games Radar

Franchise Venom bukanlah franchise yang sukses secara respons kritikus. Tapi, franchise ini disukai penonton dan penggemar superhero dari komik Marvel. Salah satu faktornya adalah penampilan Tom Hardy sebagai Eddie Brock dan juga Venom di franchise ini.

Dengan Sony Pictures telah mengumumkan produksi Venom 3, penggemar pun berharap jika film ketiga simbiot itu akan lebih baik dari sebelumnya. Namun, penampilan Tom dijamin akan menjadi daya tarik tersendiri di franchise ini. Cerita Venom sudah kian berkembang, tapi, franchise ini belum mampu menyaingi franchise Marvel Cinematic Universe (MCU).

8. Vin Diesel — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Fast X

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: CinemaBlend

Menjadi bintang utama untuk franchise yang telah bertahan hingga lebih dari 20 tahun, tentu membuat Vin menjadi aktor dengan bayaran yang lumayan tinggi. Untuk film terbarunya, yang juga sekuel Fast and Furious, yaitu Fast X, Vin mendapatkan bayaran USD20 juta. Angka ini menempatkannya sebagai aktor dengan gaji tertinggi di franchise tersebut.

Fast X akan dirilis tahun depan dan menjadi bagian satu dari dua bagian final saga franchise yang dimulai pada 2001 itu. Meski menjadi bagian terakhir, tapi, film ini tidak akan berhenti memperkenalkan karakter baru. Selain karakter yang sudah dikenal penonton, Fast X akan menampilkan karakter baru yang diperankan Jason Momoa dan Brie Larson.

7. Chris Hemsworth — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Extraction 2

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: People

Chris dikabarkan menerima gaji USD25 juta (Rp375,9 miliar) untuk penampilannya di Thor: Love and Thunder. Tapi, untuk film terbarunya, Extraction 2, dia mendapatkan gaji USD20 juta. Sepertinya Chris tidak terlalu keberatan dengan perbedaan gaji yang dia terima ini.

Extraction 2 adalah sekuel Extraction yang tayang di Netflix. Film ini adalah salah satu film paling populer dan menjadi favorit banyak orang. Chris pun terlihat sangat bersuka cita ketika mengonfirmasi jika ada sekuel untuk film ini. Netflix sepertinya tidak menyesal bekerja sama dengan aktor asal Australia itu.

6. Will Ferrel dan Ryan Reynolds — USD20 juta (Rp300 miliar) untuk Spirited

Raup Rp1,5 Triliun dari Top Gun: Maverick, Tom Cruise Jadi Aktor Bergaji Tertinggi 

Foto: Apple
halaman ke-1
Share: