Tips Kendalikan Anxiety saat Bersosialisasi setelah Pandemi Berakhir

Kamis, 25 Maret 2021 - 21:21 WIB
Dengan membayangkannya, maka akan terbentuk konsep sosial di dalam pemikiran kamu. Kamu seperti seolah-olah sedang melakukan interaksi sosial kembali. Kamu juga seperti sedang merancang apa saja yang akan kamu lakukan dan katakan saat nantinya kembali melakukan kontak sosial.

Nah, hal ini bakal menjadi latihan kamu, untuk tak lagi khawatir ataupun canggung saat melakukan interaksi sosial nantinya. Terbentuknya konsep sosial dalam pemikiran kamu, akan membuat konsep-konsep negatif terkait anxiety tersebut berkurang.

Baca Juga: 10 Cara Jitu Supaya Kamu Disukai Banyak Orang!

3. MELAKUKAN KONTAK SOSIAL SECARA DARING



Foto: Getty Images

Kamu bisa memulai interaksi sosial secara daring, yaitu melalui jaringan telepon ataupun video call dengan orang-orang terdekatmu. Hal ini bisa menjadi tahapan kamu untuk kembali merasakan atmosfer kehidupan sosial seperti biasanya.

Dengan melakukan kontak sosial secara daring, kamu bisa mulai berlatih untuk berinteraksi dan memulai pembicaraan ringan dengan orang-orang terdekatmu. Hal ini juga bisa melatih kamu untuk mengurangi kecemasan sosial.

Kamu setidaknya berlatih kembali untuk intens melakukan percakapan sedikit demi sedikit. Sehingga jika nantinya kamu dan orang-orang terdekatmu tersebut akan kembali bertemu, maka tak akan ada perasaaan atau situasi yang canggung.

Dengan membiasakan diri melakukan kontak sosial secara daring, kamu menjadi terbiasa untuk melakukan serangkaian interaksi dan komunikasi. Sehingga perasaan takut atau khawatir pun tak akan timbul saat nantinya bertemu.

4. BICARAKAN RASA CEMASMU KE ORANG LAIN



Foto: Getty Images

Kalau kamu mengalami kecemasan atau ketakutan untuk kembali menjalin hubungan sosial setelah masa pandemi, kamu perlu bicarakan perasaan tersebut ke orang-orang terdekatmu. Mulai dari keluarga ataupun teman terdekat kamu.

Ceritakanlah bentuk-bentuk kecemasan yang kamu takutkan saat kembali lagi menjalin hubungan sosial, dengan orang-orang di sekitarmu. Dengan hal tersebut, maka perasaan takut kamu akan sedikit demi sedikit terlupakan.

Dengan membicarakannya kepada orang terdekat maka perasaan cemas kamu mulai sedikit demi sedikit tercurahkan ataupun hilang. Tak lagi terpendam dan menumpuk di pikiran kamu, perasaan takut tersebut akan sedikit demi sedikit pergi.

Selain itu, dengan membicarakannya kepada orang terdekat, memungkinkan mereka memberikan sedikit usulan ataupun saran agar kamu mampu mengatasi kecemasan tersebut. Pastinya, mereka tak diam saja saat kamu mengalami suatu kesulitan. Nantinya akan ada ide atau penyelesaian untuk rasa takut kamu tersebut.

5. MELATIH CARA MERAWAT DIRI SENDIRI



Foto: Getty Images
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More