5 Tanda Opinimu adalah Ujaran Kebencian

5 Tanda Opinimu adalah Ujaran Kebencian
Ujaran kebencian atau hate speech banyak bertebaran di media sosial karena kendali yang buruk dari penggunanya. Foto/Kagenmi, Getty Images
JAKARTA - Opini dengan unsur ujaran kebencian makin sering terlihat di media sosial seiring aktifnya para pengguna di dunia maya.

Tanpa sensor sedikit pun, setiap pengguna media sosial bisa menulis apa pun yang ada di kepala mereka dengan hanya mengetiknya saja di ponsel atau komputer. Inilah yang membuat "opini jelek" banyak bertebaran di media sosial.

Untuk menjaga perilakumu di dunia maya, berikut ini tanda-tanda kalau opinimu mengandung ujaran kebencian menurut Babak Bahador, profesor peneliti di School of Media and Public Affairs, George Washington University, mengutip dari items.ssrc.org

1. Merendahkan Seseorang atau Kelompok Tertentu

5 Tanda Opinimu adalah Ujaran Kebencian

Foto:Ketut Subiyanto/Pexels

Seringkali seseorang atau sekelompok tertentu meninggalkan tanggapan yang merendahkan atau menjelek-jelekkan kelompok luar atau orang lain.

2. Hasutan Melakukan Kekerasan Fisik

5 Tanda Opinimu adalah Ujaran Kebencian

Foto:SHVETS Production/Pexels

Komentar yang melibatkan hasutan untuk melakukan kekerasan dan ancaman kematian terhadap kelompok luar atau target yang dituju.

3. Dehumanisasi
halaman ke-1
Share: