5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Unik menurut Para Ahli

5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Unik menurut Para Ahli
Ada lima kepribadian MBTI yang dinilai paling unik dari 16 tipe yang ada menurut para ahli. Foto/iStockphoto
JAKARTA - Tes kepribadian MBTI membagi kepribadian manusia menjadi 16 kategori, dan para ahli menganggap ada lima yang paling unik.

Seperti kita tahu, tes MBTI membagi manusia berdasarkan empat sifat dasar, yaitu Extrovert (E) vs Introvert (I), Sensing (S) vs Intuition (N), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P). Extrovert mengacu pada orang-orang yang mendapatkan energi jika bersama orang lain. Sementara Introvert adalah sebaliknya.

Lalu Sensing jika orang tersebut memahami atau memercayai sesuatu berdasarkan data, sementara Intuition berdasarkan intuisinya. Thinking mengacu pada pengambilan keputusan berdasarkan pemikirannya, sedangkan Feeling dengan perasaan atau mempertimbangkan lingkungan sekitarnya.

Terakhir, Judging adalah orang dengan kepribadian dengan prinsip yang sangat teguh. Sementara Perceiving lebih fleksibel atau adaptif.

Perlu diingat, meski tes MBTI sangat populer, tapi sebenarnya tes ini belum diakui secara ilmiah dalam dunia psikologi . Jadi, jangan menganggap MBTI sebagai sebuah fakta yang 100% valid.

Nah, berikut ini lima jenis kepribadian MBTI yang dianggap paling unik oleh para ahli, mengutip Bestlifeonline.

1. ENFJ

5 Tipe Kepribadian MBTI Paling Unik menurut Para Ahli

Foto: Shutterstock

Menurut konsultan senior kesehatan publik Ryan Kaczka, orang dengan tipe ENFJ hanya ada 2,5% di dunia. Orang-orang ENFJ punya intuisi yang sangat kuat dalam menilai seseorang.

"Yang paling unik, jika INFJ memakai intuisi mereka untuk membantu orang lain, orang-orang ENFJ menggunakannya juga untuk membantu diri mereka sendiri," ujar Ryan.
halaman ke-1
Share: