alexametrics
Mau Belajar Bahasa Isyarat? Gabung dengan Komunitas Senyum Difabel
Mau Belajar Bahasa Isyarat? Gabung dengan Komunitas Senyum Difabel
Komunitas Senyum Difabel mencoba dekat dengan teman-teman penyandang disabilitas. Foto/Naila Humaira
Jakarta - Daripada hura-hura atau gabut, mending gabung komunitas ini aja!

Kalau kamu butuh kegiatan wiken yang lebih berguna, nih ada rekomendasi komunitas yang bisa kamu ikuti. Namanya komunitas Senyum Difabel.

Komunitas ini didirikan oleh mahasiswa IPB, Nizar Maulana Azhari, yang kuliah di Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.



Komunitas Senyum Difabel bergerak di bidang sosial dengan fokus agar kaum difabel bisa mendapatkan fasilitas pendidikan. Salah satu kegiatan yang dilakukan komunitas yang didirikan pada 2016 ini adalah mengadakan kelas bahasa isyarat yang terbuka untuk umum.

Pada 24 Maret lalu, Senyum Difabel membuka kelasnya dengan bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Cabang Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (DPC GERKATIN) Bogor. Kegiatan dilakukan di kampus IPB. Tujuan diadakannya kelas bahasa isyarat yaitu agar masyarakat umum dapat berkomunikasi dengan teman tuli.

Mau Belajar Bahasa Isyarat? Gabung dengan Komunitas Senyum Difabel
Kelas belajar bahasa isyarat, pesertanya rame! Foto/Naila Humaira

Kegiatan ini bukan hanya dilakukan sekali aja, tapi sampai tiga kali pertemuan. Tiap pertemuannya memiliki materi ajar yang berbeda. Pada pertemuan pertama, penyampaian materi dilakukan oleh perwakilan DPC GERKATIN, yaitu Iqbal dan Novita mengenai huruf abjad dalam bahasa isyarat.

Pertemuan kedua pada 31 Maret lumayan agak susah nih, karena materi yang diajarkan ada dua, yaitu angka dan hubungan antarmanusia. Sedangkan pertemuan terakhir pada 7 April mengulang kembali materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.

Salah satu peserta, Rusda, 18, mengatakan ingin belajar bahasa isyarat untuk bisa memahami dan berinteraksi dengan orang-orang difabel. “Biar bisa berkomunikasi dengan teman-teman difabel,” katanya.

Saat akhir kelas, peserta diminta untuk membuat sebuah tulisan berisi kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan ini. Salah satu isi pesan peserta yaitu, “Kelas BISINDO yang diadakan Senyum Difabel ini sangat menarik. Bisa membantu kita mengenal bahasa isyarat secara langsung dan kelasnya menarik, ada permainan dalam pembelajarannya.”

Buat yang tertarik bergabung dengan komunitas Senyum Difabel, silakan intip akun Instagram mereka di @senyumdifabel. Cusss….

Naila Humaira
Kontributor Gen Sindo
Institut Pertanian Bogor

Naila bisa dihubungi di:
Instagram: @nailahumaira21
LINE: nailahumaira21



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss