8 Venue Konser Terpopuler di Jakarta dan Kapasitasnya

Senin, 06 Mei 2024 - 16:06 WIB
loading...
8 Venue Konser Terpopuler di Jakarta dan Kapasitasnya
ICE BSD jadi salah satu venue konser paling sering dipakai, termasuk oleh Chanyeol EXO pada Maret 2024. Foto/Dok. ICE BSD
A A A
JAKARTA - Jakarta memiliki setidaknya delapan lokasi yang populer atau sering dipakai sebagai tempat digelarnya konser musik , dari yang berdiri sejak tahun 1960-an hingga yang baru pada 2023.

Sebagai kota metropolitan dari salah satu negara terbesar di dunia, Jakarta memang jadi tempat populer bagi musisi dunia untuk menggelar konser mereka. Tidak mengherankan, cukup banyak tempat konser ada di kota ini, dengan berbagai kapasitas yang tersedia.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai venue konser musik di Jakarta, berikut daftar termasuk kapasitasnya.


Venue Konser Terpopuler di Jakarta dan Kapasitasnya


1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

8 Venue Konser Terpopuler di Jakarta dan Kapasitasnya

Foto: Sindonews

SUGBK adalah lokasi konser terbesar kedua di Jakarta, dengan kapasitas mencapai 77.193 kursi. Desain kursi tunggal diadopsi untuk memenuhi peraturan keselamatan FIFA, yang mengharuskan stadion dievakuasi dalam waktu 15 menit jika terjadi keadaan darurat.

Stadion Gelora Bung Karno terletak di Jl. Pintu Satu Senayan di Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. SUGBK merupakan bagian dari arena Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno.

Berikut fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno:

● Kapasitas tempat duduk: 78.000 (Kursi Tunggal Premium).
Lintasan Atletik: Rekor M99 Kelas 1, disetujui IAAF (Asosiasi Internasional Federasi Atletik).

● Fiturnya antara lain sistem CCTV 7K dengan pengenalan wajah, pencahayaan 3000 lux, dan resolusi HD untuk siaran langsung.

● Fitur-fiturnya termasuk sistem pencahayaan berbasis perangkat lunak, kotak VVIP bisnis di lantai dua, dan gerbang sektor 12 dan 24.

● Akses WiFi 4.5G (stadion dalam dan luar ruangan).

● Ada delapan cara untuk mengakses Sistem Manajemen Gedung yang dikelilingi oleh saluran udara.

● Pusat Operasi Tempat (Pusat Data): 1293 Sel Surya Modular (teknik yang bermanfaat secara ekologis)

2. Jakarta International Stadium (JIS)

8 Venue Konser Terpopuler di Jakarta dan Kapasitasnya

Foto: Antara

Stadion Internasional Jakarta (JIS), juga dikenal sebagai Stadion Internasional Jakarta, adalah stadion sepak bola terbesar di Indonesia yang terletak di Jakarta Utara. Stadion ini mempunyai kapasitas maksimal 82.000 orang untuk satu acara, termasuk pertandingan sepak bola dan konser.

JIS menyediakan beragam fasilitas tingkat dunia, mulai dari infrastruktur stadion hingga fasilitas sekitarnya. Beberapa fasilitas unggulan yang disediakan di JIS antara lain:

● Media Room
Area ini akan membantu para jurnalis menghadiri media briefing dan konferensi pers atau event organizer yang dilakukan di JIS.

● Ruang Ganti
Ruang terpisah untuk penyelenggara acara di JIS. Ruang ganti ini memiliki ruang Jacuzzi dan ruang pemanas di koridor sampingnya untuk pengisi acara.

● Bilik Korporasi
Booth korporat yang unik ini, kadang-kadang dikenal sebagai corporate box, dapat ditemukan di stand JIS barat dan timur tingkat ke 5 dan ke 6. Area serbaguna unik yang dapat berfungsi sebagai ruang pertemuan sekaligus ruang kerja. Penginapan ini langsung menyatu dengan tribun stadion, sehingga pengunjung bisa menikmati olahraga sekaligus keindahan JIS dari dalam ruangan.

● Joging Track
JIS menyediakan fasilitas olahraga di lingkar luar JIS. Selain itu, ada juga area joging yang memungkinkan kamu untuk joging dari ketinggian 72 meter sambil menikmati pemandangan pantai Jakarta.

● Sistem Audio
Desain gedung JIS yang langsung mengelilingi lapangan akan meningkatkan volume suara yang dihasilkan. JIS memiliki Speech Transmission Index (IMS) berstandar internasional dari 100dBA hingga 105dBa.

● Atap Stadion Buka Tutup
Fasilitas atap atau plafon yang dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan memungkinkan terselenggaranya berbagai kegiatan di JIS apa pun cuacanya. Teknologi ini sekaligus tercatat di Rekor Muri sebagai stadion pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi tersebut.

3. Istora Senayan

8 Venue Konser Terpopuler di Jakarta dan Kapasitasnya

Foto:MPI/Muhamad Fadli Ramadhan

Istora Gelora Bung Karno (Istora Senayan), merupakan sebuah gimnasium atau stadion arena olahraga dalam ruangan untuk berbagai acara olahraga, konser, festival, dan kegiatan lainnya. Lokasinya ada di dalam Kompleks Olahraga Bung Karno di Senayan, Jakarta.

Istora Gelora Bung Karno sudah sesuai standar internasional, dengan ukuran arena 25 x 50 m. Aula serbaguna ini dilengkapi dengan sistem tata suara dan fasilitas pendukung lainnya. Kapasitasnya adalah 7.180 kursi.

4. Jakarta International Expo (JIExpo)

8 Venue Konser Terpopuler di Jakarta dan Kapasitasnya

Foto: JIExpo
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)