Perbedaan Mental Health, Mental Illness, dan Mental Disorder

Sabtu, 12 Maret 2022 - 09:00 WIB
loading...
Perbedaan Mental Health,...
Masalah kesehatan mental bisa meliputi gangguan mental hingga kelainan jiwa yang semuanya harus diatasi. Foto/Marjan_Apostolovic, Getty Images, iStockphoto
A A A
JAKARTA - Isu tentang kesehatan mental memang sudah mulai menjadi perhatian masyarakat, tapi bukan berarti mitos atau kesalahpahaman tentang hal tersebut tak terjadi lagi.

Beberapa hal mendasar seperti perbedaan kesehatan mental (mental health), penyakit gangguan kejiwaan (mental illness), dan penyakit kelainan jiwa (mental disorder) perlu diketahui. Nah, berikut ini perbedaan di antara ketiga hal tersebut.

Mental Health (Kesehatan Mental)

Perbedaan Mental Health, Mental Illness, dan Mental Disorder

Foto: iStockphoto

Mental health menurut WHO adalah kemampuan dasar bagi seseorang untuk berpikir, bertindak, dan mengenali serta mengeluarkan emosinya secara sehat. Lebih dari itu, mental yang sehat juga mengacu pada kesejahteraan mental dan rasa bahagia menjalani hidup.

Kondisi mental dan fisik saling memengaruhi satu sama lain dan bisa memengaruhi produktivitas seseorang.

Mental Illness (Gangguan Mental)

Perbedaan Mental Health, Mental Illness, dan Mental Disorder

Foto: iStockphoto

Mental illnessadalah jenis gangguan yang mengacu pada berbagai kondisi, dan memengaruhi suasana hati, pemikiran, dan perilaku seseorang. Orang yang memiliki gangguan mental akan merasakan gejala-gejala yang menyerang fisik dan psikis akibat emosi yang tidak bisa dikendalikan.

Baca Juga: Kamu Hobi Rebahan? Waspada Gangguan Mental Satu Ini

Menurut American Psychiatric Association, gangguan mental dapat diartikan juga sebagai kondisi kesehatan yang melibatkan perubahan emosi, pemikiran atau perilaku yang biasanya muncul dari faktor sosial, pekerjaan atau keluarga.

Beberapa contoh gangguan mental adalah gangguan kecemasan, gangguan panik, fobia, gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan post-traumatic stress disorder (PTSD).

Mental Disorder (Kelainan Jiwa)

Perbedaan Mental Health, Mental Illness, dan Mental Disorder

Foto: iStockphoto

Menurut WHO, mental disorder merupakan gangguan yang terjadi akibat kombinasi pikiran, persepsi, dan perilaku yang tidak berkembang seperti seharusnya.Singkatnya, orang yang menderita mental disorder sudah pasti memiliki mental illness.

Baca Juga: 4 Filosofi Hidup Senang ala Jin BTS, Termasuk Perlunya Bermalas-malasan

Pada dasarnya penyebab mental disorder sama seperti mental illness, yaitu faktor keluarga, teman, lingkungan sosial, ditambah dengan genetika, ketidakselarasan antarhormon dan sinyal yang berada di otak, serta adanya penggunaaan zat terlarang sehingga menimbulkan dampak yang negatif bagi kejiwaan.

Beberapa contoh gangguan kelainan jiwa adalah depresi, gangguan bipolar, dan skizofrenia.

Amatu Syukur Naimah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif
Instagram: @amatusyukur_
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)