Kamu Hobi Rebahan? Waspada Gangguan Mental Satu Ini

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:02 WIB
loading...
Kamu Hobi Rebahan? Waspada Gangguan Mental Satu Ini
Hobi rebahan dan malas melakukan apa pun bisa jadi tanda awal munculnya gangguan kesehatan mental. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Rebahan memang menyenangkan. Namun kalau terlalu berlebihan, bisa jadi ini adalah sebuah tanda gangguan kesehatan mental yang tidak kamu sadari.

Gangguan tersebut adalah clinomania atau dysania. Mengutip dari Psychology Today dalam artikel berjudul Sleeping addiction yang ditulis Mark D.Griffths, dikatakan bahwa kalau kamu "terobsesi dengan tidur atau memiliki keinginan kuat untuk tetap di tempat tidur, maka mungkin kamu menderita kondisi yang disebut clinomania".

Menurut Dr. Bread Goerge yang menganalisis gangguan ini pada 1960-an, penderita clinomania bisa jadi menderita akibat gangguan neurologis yang dikenal sebagai neurasthenia. Ini adalah kondisi psikologis yang didapat dari gangguan kecemasan seperti depresi dan dikaitkan dengan sindrom kelelahan kronis.

Mengutip virtualpsychcentre.com, berikut gejala umum dan gejala psikologis clinomania.


GEJALA UMUM

1. Kamu malas keluar dengan teman-teman kamu atau tidak punya rencana apa pun. Kamu menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur tanpa bangun, kecuali pergi ke kamar mandi.

2. Kamu mulai mengalami perubahan suasana hati yang tiba-tiba. Kamu merasa sedih ketika ada saudara atau teman yang datang ke rumahmu, dan sebaliknya, kamu bahagia ketika punya alasan untuk tinggal di rumah dan berbaring di tempat tidur.

Kamu Hobi Rebahan? Waspada Gangguan Mental Satu Ini

Foto: Getty Images

3. Kamu mulai terobsesi dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat tidur kamu, dari bantal, seprai, selimut, dan lainnya. Kamu tidak bisa menghilangkan pikiran akan keinginan untuk berbaring di dalamnya.

Baca Juga: Beomgyu TXT Beri Tips untuk Anak Muda yang Alami Depresi

4.Setiap kali kamu mencoba untuk bangun dari tempat tidur, ada semacam gaya gravitasi yang menarik kamu dan tidak melepaskannya.

5. Berbaring di tempat tidur membuat kamu sangat nyaman. Ini karena otakmu sudah menghasilkan pola penghargaan yang melibatkan kamu mensekresi dopamin dan zat lain yang memberi kamu kesenangan intens setiap kali kamu akan tidur.

GEJALA PSIKOLOGIS

1. Merasa sedih dan kurangnya motivasi

2. Berbaring terus-menerus alih-alih memenuhi kewajiban hidup sehari-hari, bisa menimbulkan perasaan bersalah pada kamu, yang akhirnya membuatmu merasa tertekan.

Kamu Hobi Rebahan? Waspada Gangguan Mental Satu Ini

Foto: Oscar Wong/Getty Images

3. Indikator nyata bahwa kamu sangat mungkin terkena clinomania adalah kamu melihat hidupmu memburuk karena terlalu banyak waktu yang kamu habiskan di tempat tidur. Dalam pengertian ini, area yang paling terpengaruh biasanya adalah hubungan sosial dan pekerjaan.

4. Karena gangguan ini terkadang tidak dipahami dengan baik secara sosial, kamu mungkin merasa kesepian atau disalahpahami sebagai kehilangan teman dan keluarga.

Penyembuhan clinomania melibatkan konseling psikologis oleh psikolog atau psikiater terlatih. Jika tanda-tanda mirip clinomania mulai muncul, kamu bisa mengatasi dengan cara berolahraga secara teratur, sarapan sehat, banyak minum air putih, punya jadwal yang teratur.

Baca Juga: 8 Karakter Pria Drama Korea yang Jadi Idaman, Antibrengsek-brengsek Club

Tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk memungkinkan kamu yang menderita clinomania untuk mendapatkan kembali kendali atas hidup kamu yaitu dapat bekerja, berhubungan dengan teman dan keluarga, dan lainnya.

Narda Dea Aprylia
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Media Kreatif
Instragram: @nrdaprylia
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)