Seperti Apa Konsultasi Ke Psikolog dan Psikiater? Ini Cerita Mereka yang Pernah Melakukannya

Sabtu, 12 Maret 2022 - 07:30 WIB
loading...
Seperti Apa Konsultasi Ke Psikolog dan Psikiater? Ini Cerita Mereka yang Pernah Melakukannya
Konsultasi ke psikolog atau berobat ke psikiater bukanlah hal yang tabu dan justru dianjurkan untuk mengatasi masalah gangguan mental. Foto/iStockphoto
A A A
JAKARTA - Isu tentang kesehatan mental kini semakin menjadi perhatian masyarakat. Ditambah dengan adanya pandemi COVID-19 yang membuat sebagian orang merasa cemas, takut, dan berpikir secara berlebihan.

Dari data World Health Organization (WHO) sepanjang Juni-Agustus 2020, masalah kesehatan mental yang dialami anak-anak hingga remaja mencapai 72%, sementara pada orang dewasa mencapai 70%.

Sementara di Indonesia, dari artikel yang dirilis Kementerian Kesehatan pada 7 Oktober 2021, Dr Celestinus Eigya Munthe selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza menuturkan bahwa Indonesia memiliki orang dengan gangguan jiwa sekitar 1 dari 5 penduduk.

Ini artinya, sekitar 20% populasi di Indonesia mempunyai gejala dan potensi gangguan jiwa.

Seperti Apa Konsultasi Ke Psikolog dan Psikiater? Ini Cerita Mereka yang Pernah Melakukannya

Foto: iStockphoto

Pada anak muda, masalah gangguan kesehatan mental bisa dimulai sejak remaja. Misalnya yang terjadi pada Devany Liora, 20, mahasiswi Binus University jurusan Desain Interior.

Pada 2019 saat ia masih duduk di bangku SMA kelas 3, Devany mengalami perubahan suasana hati (mood) secara drastis. Ini membuatnya jadi selalu ingin makan dan tidur saja setiap hari.

Dari sini, Devany akhirnya berkonsultasi kepada wali kelasnya, dan ia disarankan mengunjungi psikolog di sekolah. Ketika berkonsultasi, Devany diminta menjawab beberapa pertanyaan, lalu melakukan proses konseling selama kurang lebih 45 menit.

Tak Langsung Cocok dengan Psikolog

Sayangnya, alih-alih mendapatkan jawaban dari psikolog yang dikunjunginya itu, Devany justru merasa tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik. Malahan, ia merasakan gangguan mentalnya makin membuatnya terpuruk.

Saat itu, Devany mengaku hanya disarankan melakukan ibadah yang ia pun sudah tahu bahwa hal tersebut wajib dilakukan. "Aku merasa tidak menemukan jawaban sama sekali dari hasil konselingku bersama psikolog sekolah,” ujarnya.

Seperti Apa Konsultasi Ke Psikolog dan Psikiater? Ini Cerita Mereka yang Pernah Melakukannya

Foto: iStockphoto

Pada akhirnya Devany memutuskan untuk melakukan konsultasi secara daring dengan psikiater lewat sebuah platform kesehatan. Dari situ, Devany mendapatkan obat berupa pil penenang untuk mempercepat proses penyembuhannya.

"Proses penyembuhannya cukup cepat, awal tahun 2021 aku dinyatakan sembuh dari gangguan mental dan tidak lagi melakukan konsultasi dengan psikiater," ujarnya.

Baca Juga: 7 Fakta dan Mitos tentang Kleptomania, Beda dengan Mengutil

Selain mengonsumsi obat, ia juga melakukan aktivitas yang mempercepat proses penyembuhannya. Ia aktif mengikuti perhimpunan mahasiswa di kampus dan organisasi lainnya untuk menyibukkan diri dan mengalihkan gangguan mentalnya.

Cerita dari Seorang Atlet

Seorang atlet yang erat kaitannya dengan fisik yang sehat pun tak berarti bebas dari masalah penyakit mental. Ini terjadi pada seorang atlet golf perempuan AA, 20. AA juga adalah mahasiswi Jurusan Komunikasi dan bekerja.

Pada Maret 2021, AA didiagnosis memiliki penyakit mental post-traumatic stress disorder(PTSD). Ini adalah bentuk gangguan kecemasan dan ketakutan yang berlebihan setelah mengalami peristiwa traumatis pada masa lalu.

Sejak saat itu, ia rutin berkonsultasi ke dua orang psikolog sekaligus. Satu psikolog untuk membantunya menangani masalah gangguan mental. Sementara satu lagi adalah psikolog mental coach untuk membantu AA berlatih bermain golf dengan gangguan mental yang ia miliki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)