Pahlawan Masyarakat! Ini 8 Aksi Petugas Damkar Tangani Kasus Unik

Pahlawan Masyarakat! Ini 8 Aksi Petugas Damkar Tangani Kasus Unik
Petugas damkar menolong warga yang kesulitan melepas cincin dari tangannya yang sudah membengkak. Foto/Twitter @humasjakfire
JAKARTA - Petugas Damkar atau pemadam kebakaran identik dengan bencana kebakaran, padahal mereka juga bisa melakukan tugas terkait bencana hingga penyelamatan.

Ini sesuai dengan nama resmi Damkar , yaitu Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan. Tak heran, tim Damkar kerap melakukan penyelamatan hewan hingga barang-barang milik warga.

Berikut beberapa aksi Damkar yang terbilang unik, meski sebenarnya semua itu juga bagian dari tugas mereka.


1. EVAKUASI KARTU ATM DI SALURAN AIR TERTUTUP



Petugas Damkar mengevakuasi kartu ATM yang tidak sengaja dijatuhkan oleh warga yang hendak membayar bakso. Menurut keterangan pemilik kartu, ia hendak membayar dan mengeluarkan dompet. Lalu, kartu miliknya justru terjatuh dan masuk ke lubang saluran air tertutup. Pemilik langsung menghubungi pertugas Damkar.

Setelah kurang lebih lima menit, ATM berhasil diambil di dekat Bank DKI Matraman, Jakarta Timur (8/10). Selain kartu ATM, petugas Damkar juga pernah membantu warga mengambil remote kunci mobil yang terjatuh di saluran air tertutup beton di Jl. Pegangsaan Dua, Kelapa Gading (22/10).



2. EVAKUASI KUCING DI LANTAI 2 RUMAH WARGA

Menyelamatkan hewan juga cukup sering dilakukan oleh petugas Damkar. Petugas Damkar mengevakuasi seekor kucing yang sudah tiga hari berada di atas rumah di kawasan Malaka Sari, Jakarta Timur (27/10). Kucing tersebut terjebak di lantai dua dan tidak bisa turun sampai petugas Damkar datang dan menyelamatkannya. Setelah kurang lebih 20 menit, kucing berhasil dievakuasi.
halaman ke-1
Share: