Pahlawan Masyarakat! Ini 8 Aksi Petugas Damkar Tangani Kasus Unik

Kamis, 28 Oktober 2021 - 12:13 WIB
loading...
Pahlawan Masyarakat! Ini 8 Aksi Petugas Damkar Tangani Kasus Unik
Petugas damkar menolong warga yang kesulitan melepas cincin dari tangannya yang sudah membengkak. Foto/Twitter @humasjakfire
A A A
JAKARTA - Petugas Damkar atau pemadam kebakaran identik dengan bencana kebakaran, padahal mereka juga bisa melakukan tugas terkait bencana hingga penyelamatan.

Ini sesuai dengan nama resmi Damkar , yaitu Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan. Tak heran, tim Damkar kerap melakukan penyelamatan hewan hingga barang-barang milik warga.

Berikut beberapa aksi Damkar yang terbilang unik, meski sebenarnya semua itu juga bagian dari tugas mereka.


1. EVAKUASI KARTU ATM DI SALURAN AIR TERTUTUP

Petugas Damkar mengevakuasi kartu ATM yang tidak sengaja dijatuhkan oleh warga yang hendak membayar bakso. Menurut keterangan pemilik kartu, ia hendak membayar dan mengeluarkan dompet. Lalu, kartu miliknya justru terjatuh dan masuk ke lubang saluran air tertutup. Pemilik langsung menghubungi pertugas Damkar.

Setelah kurang lebih lima menit, ATM berhasil diambil di dekat Bank DKI Matraman, Jakarta Timur (8/10). Selain kartu ATM, petugas Damkar juga pernah membantu warga mengambil remote kunci mobil yang terjatuh di saluran air tertutup beton di Jl. Pegangsaan Dua, Kelapa Gading (22/10).



2. EVAKUASI KUCING DI LANTAI 2 RUMAH WARGA

Menyelamatkan hewan juga cukup sering dilakukan oleh petugas Damkar. Petugas Damkar mengevakuasi seekor kucing yang sudah tiga hari berada di atas rumah di kawasan Malaka Sari, Jakarta Timur (27/10). Kucing tersebut terjebak di lantai dua dan tidak bisa turun sampai petugas Damkar datang dan menyelamatkannya. Setelah kurang lebih 20 menit, kucing berhasil dievakuasi.

Masih dengan aksi menolong kucing, pertugas Damkar juga berhasil mengevakuasi seekor anak kucing yang terjatuh dan masuk ke bawah tangga dengan posisi yang sulit untuk dicapai. Kejadian ini terjadi di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (19/10). Petugas juga sempat kesulitan membujuk anak kucing, sehingga harus membuka partisi terlebih dahulu agar dapat mengevakuasi anak kucing tersebut.



3. MELEPASKAN CINCIN DARI JARI TANGAN WARGA

Petugas Damkar di Kemayoran membantu warga bernama Monica yang datang langsung ke Pos Pemadam lantaran tidak bisa melepaskan cincin dari jari manisnya (26/10).

Hal serupa juga pernah dialami oleh anak berusia 11 tahun yang tangannya membengkak, karena cincin yang dipakainya. Orang tua dari anak tersebut meminta penanganan dan datang langsung ke kantor Damkar di Sektor Koja, Jakarta Utara (22/10).

Baca Juga: 10 Pahlawan Anime yang Tak Punya Motivasi, Nomor 5 Jagoan Terkenal

Selain itu, pada hari yang sama, petugas Damkar di Sektor Koja juga berhasil melepaskan cincin dari jari anak berusia lima bulan. Petugas membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai cincin berhasil dilepaskan dari jari anak tersebut.

Sangat berhati-hati petugas Damkar memeluk, menggendong, dan memberikan hiburan agar anak tersebut tidak terlalu takut saat proses penanganan.



4. EVAKUASI SARANG TAWON

Sarang tawon jenis vespa affinis berdiameter 25 cm yang berada di pohon meresahkan warga lingkungan Perum Era Mas, Cakung, Jakarta Timur. Setelah melaporkan keberadaan sarang tawon, empat petugas Damkar datang mengevakuasi sarang tawon tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2849 seconds (0.1#10.140)